Sukses


Kabar dari Negara Tetangga: Kim Pan-gon Mengundurkan Diri Setelah Malaysia Gagal ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Kuala Lumpur - Media Korea Selatan, Best Eleven, mengabarkan bahwa Kim Pan-gon akan mengumumkan pengunduran diri sebagai pelatih Timnas Malaysia pada Selasa (16/7/2024).

Kim Pan-gon disebutkan bakal menggelar konferensi pers di Kantor Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Kuala Lumpur, pada pukul 15.30 waktu setempat atau 14.30 WIB.

"Menurut sumber yang berpengetahuan dalam sepak bola Malaysia, pelatih Kim Pan-gon akan mengadakan konferensi pers pengunduran diri," tulis Best Eleven pada Selasa (16/7/2024).

"Adalah hal yang tidak biasa bagi seorang pelatih untuk mengadakan konferensi pers pengunduran diri. Sebagian besar federasi atau klub biasanya hanya mengeluarkan pernyataan saat mengumumkan pengunduran diri atau pensiunnya pelatih," jelas Best Eleven.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kontrak Masih Tersisa

Kim Pan-gon telah melatih Malaysia sejak Januari 2022. Kontraknya sebagai pemimpin tim berjulukan Harimau Malaya itu sebenarnya baru akan habis pada Desember 2025.

"Namun, pelatih Kim Pan-gon mengadakan konferensi pers untuk menghilangkan kesalahpahaman yang tidak perlu terkait pengunduran dirinya," ungkap Best Eleven.

"Diketahui bahwa pelatih Kim Pan-gon berencana untuk mengucapkan terima kasih atas kasih sayang yang dirasakan dari penggemar sepak bola lokal selama dua tahun dan enam bulan terakhir memimpin Malaysia," imbuh Best Eleven.

3 dari 4 halaman

Gagal ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selama 35 pertandingan menangani Malaysia, Kim Pan-gon mencatatkan 20 kemenangan, lima kali seri, dan sepuluh kekalahan dengan rata-rata 1,86 poin.

Kim Pan-gon berhasil membawa Malaysia, yang untuk pertama kalinya sejak 43 tahun lalu, melaju ke Piala Asia 2023 Qatar pada Januari-Februari 2024 meski tersingkir di penyisihan grup.

Namun, Malaysia gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Harimau Malaya hanya menjadi peringkat ketiga di Grup D putaran kedua.

4 dari 4 halaman

Pulang Kampung

Setelah Malaysia tidak mendapatkan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kim Pan-gon pulang kampung ke Korea Selatan untuk beristirahat sekaligus memikirkan masa depannya di Malaysia.

"Pelatih Kim Pan-gon kembali ke Korea Selatan pada akhir Juni 2024 untuk beristirahat dan banyak merenungkan masa depannya," jelas Best Eleven.

Setelah pertimbangan matang, tampaknya dia memutuskan untuk mencari tantangan baru," ulas Best Eleven mengenai masa depan nakhoda berusia 55 tahun tersebut.

Sumber: Best Eleven

Video Populer

Foto Populer