Sukses


Malaysia Tunjuk Mantan Pelatih Barcelona Gantikan Kim Pan-gon yang Mundur karena Akan Tangani Klub Korea

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menunjuk Pau Marti Vicente sebagai pelatih Timnas Malaysia untuk menggantikan Kim Pan-gon yang mundur pada Selasa (16/7/2024).

Kim Pan-gon meletakkan jabatannya sebagai pempin Timnas Malaysia yang diembannya sejak Januari 2022. Kompatriot nakhoda Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, itu dikabarkan akan pulang kampung untuk menangani juara Liga Korea Selatan 2023, Ulsan HD.

Namun, Pau Marti Vicente hanya akan menjadi pelatih sementara Malaysia. Sebelumnya, pria asal Spanyol itu menjadi tangan kanan Kim Pan-gon sejak Februari 2022.

Wakil Presiden FAM, Datuk Mohd Yusoff Haji Mahadi, mengatakan bahwa Pau Marti Vicente akan memimpin Timnas Malaysia dalam Merdeka Tournamen 2024 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 2-10 September 2024 yang diikuti oleh Timnas Tajikistan, Timnas Lebanon, dan Timnas Filipina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penjelasan

"Tugas pertama Pau Marti Vicente sebagai pelatih sementara adalah memimpin Malaysia dalam Merdeka Tournament 2024," ujar Datuk Mohd Yusoff Haji Mahadi dinukil dari Radio Televisi Malaysia (RTM).

"Pada saat yang sama, Komite Manajemen Tim Nasional FAM akan terus mengevealuasi dan memantau kinerja skuad Malaysia dari waktu ke waktu di bawah kepemimpinan Pau Marti Vicente."

"Terutama menjelang Piala AFF 2024 pada November-Desember tahun ini serta putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027 pada Maret 2024," ungkap Datuk Mohd Yusoff Haji Mahadi.

3 dari 4 halaman

Asisten Pelatih Barcelona Atletic

Merangkum Transfermarkt, Pau Marti Vicente pernah menjadi asisten pelatih Barcelona U-18 dan U-19 pada September 2017-April 2018.

Pau Marti Vicente lahir di Barcelona, Spanyol, pada 29 September 1983. Usianya masih 40 tahun. Dia memegang lisensi kepelatihan pro UEFA.

Setelah itu, Pau Marti Vicente terpilih sebagai asisten pelatih Barcelona B atau Barcelona Atletic pada April 2018 hingga Juni 2021.

4 dari 4 halaman

Latih Ronald Araujo hingga Lamine Yamal

Dalam periode itu, Barcelona Atletic diperkuat oleh Ronald Araujo, Marc Cucurella, Ansu Fati, Gavi, Lamine Yamal, hingga Marc Guiu.

Pau Marti Vicente menjadi asisten dari Xavier Garcia Pimienta. Pada Juli 2021 hingga Februari 2022, ia ditunjuk sebagai asisten pelatih Barcelona U-18.

Sumber: RTM

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer