Sukses


BRI Liga 1: Dua Bek Segera Merapat ke PSS Sleman, Termasuk Jebolan Liga Inggris

Bola.com, Sleman - PSS Sleman menjadi satu di antara tim yang cukup aktif pada bursa transfer BRI Liga 1 2024/2025. Saat ini, sudah ada 10 pemain yang didatangkan klub berjulukan Super Elang Jawa tersebut.

Di barisan legiun asing ada Cleberson, Danilo Alves, Alan Bernardon, Moon Chang-jin, Betinho, dan Gustavo Tocantins. Adapun amunisi lokal di antaranya Gilang Oktavana, Paulo Sitanggang, Fachruddin Aryanto, serta Ega Rizky.

Jumlah tersebut masih akan bertambah. Manajemen PSS Sleman mengisyaratkan terus berburu pemain untuk melengkapi skuad musim depan. Mereka bakal menambah beberapa nama di posisi bek dan gelandang.

Rumor yang berembus dua pemain berposisi bek akan segera diperkenalkan PSS Sleman. Mereka adalah mantan bek Arema FC, Achmad Figo Ramadani dan Phil Ofosu-Ayeh, asal Ghana.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tinggal Menunggu Waktu

Pengumuman Figo dan Phil tinggal menunggu waktu saja. Keduanya kini dikabarkan telah berada di Sleman untuk menjalani tes medis. Duo bek tersebut juga sempat memposting perjalanan menuju Bumi Sembada melalui akun Instagram masing-masing.

Lewat story Intagramnya, Phil Ofosu-Ayeh memberikan kode terkait kepindahannya. Dalam unggahan tersebut, dia menambahkan emoji elang dan jam pasir pada Senin (15/7/2024) malam WIB.

Bergabungnya Figo dan Phil sejalan dengan pernyataan manajer tim, Leonard Tupamahu. Mantan bek PSS Sleman itu sebelumnya menyampaikan amunisi tambahan yang direkrut merupakan pemain lokal dan asing.

Adapun di sisi lain, Presdir PSS Sleman, Gusti Randa, menyatakan pihaknya akan memanfaatkan kuota delapan pemain asing yang ditetapkan PT LIB selaku operator kompetisi.

"Kami masih kurang dua pemain asing sehingga akan kami lengkapi dulu. Kami tim yang memenuhi kuota delapan pemain asing di Liga 1 musim mendatang," ucap Gusti Randa.

 

3 dari 5 halaman

Kriteria Pemain

Pelatih PSS Sleman, Wagner Lopes, membenarkan timnya masih memburu sejumlah pemain anyar. Dia pun membeberkan kriteria pemain yang dicari untuk skuad Elang Jawa. Apa saja?

"Untuk kriteria pemain, kita tahu di sepak bola Indonesia membutuhkan kecepatan itu yang utama. Jadi pemain harus punya kualitas teknik tapi juga harus punya kekuatan main di Liga Indonesia," katanya.

"Pemain harus punya kekuatan dan mereka harus bantu tim. Kami harus lebih baik di semua sektor depan ke belakang. Setiap hari kami harus lebih baik agar tercapai target kita tahun ini," harap arsitek berkebangsaan Brasil-Jepang itu.

 

4 dari 5 halaman

Jejak Karier

Achmad Figo Ramadani cukup lama membela Arema FC. Figo bergabung dengan Tim Singo Edan sejak musim 2021-2024. Pemain berusia 22 tahun itu mencatat 34 penampilan di semua ajang dan membukukan satu assist.

Bek kelahiran 25 Desember 2001 itu juga pernah dipanggil Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Ketika itu, Achmad Figo bermain dalam dua laga persahabatan melawan Timnas Timor Leste pada Januari 2022.

Di sisi lain, Phil Ofosu-Ayeh memiliki profil yang menarik. Bek berusia 32 tahun itu banyak menghabiskan karier profesionalnya di Jerman. Sederet klub pernah dibelanya yakni Wilhelmshaven, Rot-Weib Erfurt, MSV Duiburg, VfR Aalen, hingga Wurzb Kickers.

Sementara itu, klub luar Jerman yang pernah menggunakan jasanya yaitu Wolverhampton Wanderers FC. Phil Ofosu-Ayeh berkostum klub Liga Inggris tersebut pada medio 2017-2019. Hanya saja, dia sering dipinjamkan ke beberapa klub pada periode itu.

Klub terakhir yang diperkuatnya adalah Halmstads BK yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Swedia. Mantan pemain Timnas Ghana itu jadi andalan di sektor bek kanan klub tersebut. Mengepak 76 penampilan serta enam gol plus empat assist.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Reguler:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer