Sukses


Ji Da Bin Tak Masuk Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala AFF, Indra Sjafri Ungkap Alasan Coret 5 Pemain

Bola.com, Surabaya - Pelatih Indra Sjafri secara resmi telah lima pemain dari skuad Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala AFF U-19 2024. Dari lima pemain itu, ada nama Ji Da Bin yang sering bermain Timnas Indonesia pada level usia.

Indra Sjafri hanya bisa mendaftarkan 23 pemain untuk Piala AFF U-19 2024. Nah, pada persiapan terakhir di Surabaya, sang pelatih punya tim yang berkekuatan 28 pemain.

“Ya, secara regulasi kita mendaftarkan 40 pemain. Dari 40 itu kita lakukan promosi dan degradasi pemain untuk mencari yang terbaik. Dan beberapa kali kita training camp dan juga beberapa kali uji coba, akhirnya kita bawa pemain 28 pemain ke Surabaya,” ungkap Indra Sjafri.

“Di dalam perjalanan kami melakukan evaluasi kepada setiap individu pemain. Dan saya pikir, saya bisa yakinkan bahwa pemilihan-pemilihan yang kami lakukan sangat objektif,” imbuh pelatih berusia 61 tahun itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ji Da Bin Out

Dari lima pemain itu, satu nama yang menarik perhatian, yakni Ji Da Bin. Ji Da Bin cukup lama bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 racikan Indra Sjafri. Dia ikut bermain di Toulon Cup.

Ji Da Bin bahkan mencetak gol pada laga uji coba lawan China pada Maret 2024 yang lalu. Sebelum bermain di Timnas Indonesia U-19, Ji Da Bin sudah mencuat ketika masuk skuad Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

Ji Da Bin jadi selalu jadi pemain inti pada tiga laga Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Ji Da Bin bermain untuk posisi gelandang serang. Di posisi yang sama, Indra Sjafri punya beberapa nama lain seperti Toni Firmansyah dan Marselinus Ama Ola.

3 dari 4 halaman

Alasannya?

Indra Sjafri enggan membicarakan alasan per nama mengapa dia tidak menyertakan pemain tertentu dalam 23 pemain skuad Timnas Indonesia U-19 untuk Piala AFF U-19 2024.

“Karena tidak hanya pengamatan-pengamatan yang ada secara visual di lapangan. Tetapi sekecil apapun kita lakukan melibatkan orang-orang ahli di bidangnya, secara psikologi dan fisik, kami tes. Saya tidak bicara orang per orang,” ujarnya.

“Yang saya butuhkan adalah hasil terbaik dari individual quality mereka. Itulah yang saya pilih. Saya tidak berpikir dia pernah punya nama besar, dia yang terbaik sesuai yang kita tentukan. Itu yang kita pilihan,” tuturnya.

Selain Ji Da Bin, ada empat pemain lain yang juga terpaksa dicoret. Mereka adalah Farhan Sopiulloh (Persija Jakarta), Fandi Bagus Pamungkas (Bhayangkara), Darel Valentino (Persib Bandung), dan Rahmat Syawal (PSIS Semarang).

4 dari 4 halaman

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-19

Kiper: Ikram Algiffari, I Wayan Wiguna, Fitrah Maulana.

Belakang: Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Meshaal Hamzah, Alfahrezi Buffon, Rizdjar Nurviat, Dony Tri Pamungkas, Welber Jardim, Mufli Hidayat.

Gelandang: Alex Kamuru, Figo Dennis, Tony Firmansyah, Kafiatur Rizky, Marselinus Ama Ola, Arlyansyah Abdulmanan.

Penyerang: Muhammad Ragil, Jens Raven, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, Mufdi Iskandar.

Pelatih: Indra Sjafri

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer