Sukses


Menpora: Erick Thohir Bilang Insyaallah Marten Paes Bisa Membela Timnas Indonesia pada September 2024

Bola.com, Kendal - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, mendapatkan kabar dari Ketua PSSI, Erick Thohir, bahwa Maarten Paes sudah bisa membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Dito mengungkapkan bahwa Maarten Paes dapat bermain dengan Timnas Indonesia pada September 2024 atau bersamaan dengan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Untuk Maarten Paes, kemarin Pak Erick Thohir sampaikan, insyaallah September 2024 sudah bisa bermain dengan Timnas Indonesia," ujar Dito di YouTube tvOneNews.

Maarten Paes telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024. Namun, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu belum bisa memperkuat Timnas Indonesia karena terganjal Statuta FIFA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terganjal Statuta FIFA

Pergantian federasi Maarten Paes dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA terhambat Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf B ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

3 dari 4 halaman

Dibawa ke CAS

Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Asal-usul darah Indonesia-nya mengalir via neneknya yang berasal dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

PSSI sampai harus membawa kasus Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) supaya Maarten Paes dapat melewati peralihan asosiasi Statuta FIFA.

4 dari 4 halaman

Statistik Maarten Paes

"Ini menurut Pak Erick Thohir. Soal CAS, sedang diurus PSSI. Nanti kita lihat perkembangannya," imbuh Dito.

Bersama FC Dallas pada musim ini, Maarten Paes telah bermain 26 kali di berbagai kejuaraan. Penjaga gawang berusia 26 tahun itu kebobolan 40 kali dan merangkum enam clean sheet.

Sumber: YouTube tvOneNews

Video Populer

Foto Populer