Sukses


6 Gelandang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024, Mengenal Para Wonderkid yang Bisa Meledak

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah menetapkan 23 pemain untuk Piala AFF U-19 2024. Enam di antaranya bisa bermain sebagai gelandang, baik tengah maupun sayap.

Toni Firmansyah menjadi satu di antara gelandang yang dipercaya Indra Sjafri ke Timnas Indonesia U-19. Pemuda berusia 19 tahun itu lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 14 Januari 2005.

Toni adalah produk tim junior Persebaya. Dia promosi ke tim berjulukan Bajul Ijo itu pada 2003. Pada musim lalu, ia 20 kali bermain di Liga 1 dengan satu gol dan satu assist dalam 527 menit.

Sejak debutnya bersama Timnas Indonesia U-19 yang terkadang fleksibel menjadi U-20, Tony telah mencatatkan tujuh penampilan dengan perolehan dua gol dan satu assist dalam 460 menit.

Berposisi asli sebagai gelandang serang, Tony juga bisa dimainkan menjadi gelandang sayap maupun winger.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kafiatur Rizky

Kafiatur Rizky lahir di Tangerang Selatan, Banten, pada 17 Juli 2006. Dia adalah alumni Piala Dunia U-17 2023 bersama timnas U-17.

Pada tahun ini, Kafiatur Rizky dipromosikan ke Timnas Indonesia U-19. Gelandang asal Borneo FC Samarinda itu tampil tiga kali dengan catatan satu gol dalam 135 menit.

Pada musim lalu, Kafiatur Rizky membela Dewa United. Pemain yang biasa berperan sebagai gelandang tengah ini sempat emam kali masuk skuad di BRI Liga 1 2023/2024, namun belum diberikan kesempatan bermain.

3 dari 6 halaman

Figo Dennis

Figo Dennis Saputrananto lahir di Probolinggo, Jawa Timur, pada 28 April 2006. Dia bergabung dengan Persija Jakarta Elite Pro Academy (EPA) pada 2021 dari Ricky Nelson Academy.

Sama seperti Kafiatur Rizky, Figo Dennis juga berstatus sebagai jebolan Piala Dunia U-17 dengan timnas U-17. Mulai tahun ini, ia naik kasta ke Timnas Indonesia U-19.

Figo Dennis delapan kali membela Timnas Indonesia U-19 dengan statistik satu gol dalam 411 menit. Pemain yang bertugas sebagai tukang jagal di lini tengah ini masih belum mendapatkan kesempatan untuk masuk ke Persija senior.

4 dari 6 halaman

Dony Tri Pamungkas

Dony Tri Pamungkas menjadi pemain paling berpengalaman di Timnas Indonesia U-19. Dia sudah pernah mendapatkan panggilan dari timnas senior dan timnas U-23.

Bersama Timnas Indonesia U-19, pemain kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, pada 11 Januari 2005 itu juga telah membukukan 21 penampilan dengan mengemas satu gol plus dua assist.

Dony Tri juga berstatus kapten Persija. Dia dikenal sebagai pemain serbabisa karena bisa diplot sebagai winger, gelandang sayap, wingback, hingga fullback.

Dony Tri sempat menjadi pemain termuda di Liga 1 ketika debut bersama Persija pada 28 September 2021. Sejak saat itu, ia sudah membukukan 45 penampilan di kasta teratas Liga Indonesia.

5 dari 6 halaman

Riski Afrisal

Riski Afrisal lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 25 April 2006. Penampilan pemuda berusia 18 tahun tersebut lumayan menonjol bersama timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2024.

Bersama Madura United pada musim lalu, Riski Afrisal beberapa kali beraksi, baik di Regular Series maupun Championship Series. Dia tampil menjanjikan dengan torehan dua gol plus satu assist.

Pemain yang terbiasa bermain sebagai gelandang sayap maupun winger itu sudah enam kali berlaga dengan Timnas Indonesia U-19 selama 309 menit. Dia hampir selalu menjadi pilihan utama dan hanya sekali masuk dari bangku cadangan.

6 dari 6 halaman

Arlyansyah Abdulmanan

Persija Jakarta memang jembolan dalam melahirkan pemain muda. Arlyansyah Abdulmanan adalah produk dari tim akademi yang mengorbit bersama Timnas Indonesia U-19.

Arlyansyah Abdulmanan berposisi sebagai winger, namun juga bisa ditempatkan sebagai gelandang sayap. Lahir pada 20 Desember 2005, usianya baru menginjak 18 tahun.

Transfermarkt mencatat bahwa Arlyansyah Abdulmanan pernah menjadi bagian dari Persib Bandung U-18 pada Agustus-Oktober 2022 sebelum bergabung dengan Persija U-18 pada Juli 2023.

Arlyansyah Abdulmanan sudah tujuh kali bermain untuk Timnas Indonesia U-19. Ketujuhnya berasal dari pemain utama. Dia mencetak satu gol dalam 482 menit di lapangan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer