Sukses


Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs Timnas Filipina di Piala AFF U-19 2024: Tim Tamu Mewaspadai Arkhan Kaka

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 akan segera mengawali kiprah di Piala AFF U-19 2024. Tim Garuda Muda dijadwalkan melakoni laga pertama dengan menjamu Filipina U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam WIB.

Tim Garuda Muda telah melakoni pemusatan latihan selama sebulan terakhir. Timnas Indonesia U-19 juga sempat mengikuti Toulon Cup 2024 dan berpengalaman melawan Ukraina, Jepang, Italia, Panama, dan Korea Selatan.

Namun, pelatih Tim Garuda Muda, Indra Sjafri, mengaku belum mengetahui kekuatan tim lawan. Dia hanya coba menerapkan taktik dengan mempersiapkan tim memenangkan pertandingan.

“Saya tidak tahu persis tim Filipina yang sekarang. Intinya, untuk Piala AFF U-19 2024, jadi ajang pematangan tim. Juara bukan hal yang utama. Tetapi kalau sudah berhadapan antarnegara, filosofi pembinaan tetap saya pahami, gengsi negara juga harus dipertahankan,” ungkap pelatih Timnas Indonesia U-19 tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Lebih Diunggulkan

Di atas kertas, Timnas Indonesia U-19 lebih diunggulkan karena berisikan materi pemain yang berpengalaman. Sebagian dari mereka adalah anggota Timnas Indonesia U-17 yang tampil di Piala Dunia U-17 2024.

Sebut saja Ikram Algiffari, Arkhan Kaka, Welber Jardim, Sulthan Zaky, Rizdjar Nurviat, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Kafiatur Rizky, hingga Riski Afrisal.

“InsyaAllah kami bisa melangkah ke babak selanjutnya. Pertandingan-pertandingan ini bisa menambah jam terbaik para pemain Timnas Indonesia U-19 dan menjadikan pengalaman untuk lebih berkualitas,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Pelatih Filipina Kenal Arkhan Kaka

Secara pengalaman, Indra Sjafri juga pernah membawa Timnas Indonesia U-19 meraih titel juara Piala AFF U-19 2013. Meski sudah berlalu 11 tahun lalu, dia piawai membawa tim binaannya menjadi yang terbaik di sebuah turnamen.

Adapun Filipina U-19 kini ditangani Josep Ferre, arsitek tim asal Spanyol yang tercatat pernah menjadi asisten pelatih Persis Solo. Ada satu pemain yang sangat dikenalnya, yakni striker Arkhan Kaka.

Kaka kebetulan merupakan pemain Persis Solo. Dia juga jadi salah pemain andalan di Timnas Indonesia U-19. Dari situlah, Josep Ferre mewaspadai kekuatan Kaka bersama Garuda Muda yang berpotensi menyulitkan.

“Saya senang bertemu dengan Kaka lagi. Saat saya bertemu dengan dia, saya berpikir bahwa dia sedang melakukan langkah besar. Dia adalah seorang pemain yang sangat penting dan dia berhak mendapatkan tempat karena kualitasnya,” ucap Ferre.

 

4 dari 5 halaman

Makin Kuat

Pelatih berusia 40 tahun itu juga mengamati persiapan Timnas Indonesia U-19 yang mengikuti Toulon Cup 2024. Turnamen itu, menurutnya, telah menambah kekuatan tuan rumah, meski selalu kalah dalam lima laga.

“Indonesia melakukan pekerjaan yang sangat baik, terutama untuk mempersiapkan pertandingan ini. Anda sudah melihat level permainan mereka dengan berpengalaman menghadapi Ukraina, Italia, Panama, atau Jepang,” ujar Ferre.

Secara materi pemain, Filipina U-19 memiliki skuad dengan pemain yang mayoritas berkarier di dalam negeri. Beberapa lagi juga tercatat berkarier di Australia, Amerika Serikat, atau Kanada, yang kebetulan adalah pemain keturunan.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Ikram Algiffari (kiper); Welber Jardim, Kadek Arel, Meshaal Hamzah, Dony Tri Pamungkas (belakang); Figo Dennis, Mufli Hidayat, Toni Firmansyah (tengah); Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Arkhan Kaka (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Filipina U19 (4-3-3): Inigo Castro (kiper); Zachary Taningco, Caleb Santos, Jaime Rosquillo, Joshua Merino (belakang); Dov Carino, Justin Frias, Sandro Reyes (tengah); Karl Absalon, Andres Aldeguer, Kamil Amirul (depan)

Pelatih: Josep Ferre

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer