Sukses


Justin Hubner Bercerita Betapa Gilanya Dukungan Suporter Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Tak ada kata menyerah dalam kamus hidup Justin Hubner. Tak ada ada istilah putus asa juga dalam diri anak muda berusia 20 tahun itu.

Termasuk ketika dia harus kembali ke klub asalnya, Wolverhampton Wanderers, setelah lebih kurang lebih empat bulan dipinjamkan kepada klub Jepang, Cerezo Osaka.

"Saya akan memanfaatkan pengalaman yang saya dapat di tim saya selanjutnya," kata Justin Hubner, dilansir situs resmi Cerezo Osaka.

Bagi Cerezo Osaka, Justin Hubner bukanlah siapa-siapa. Tapi, bagi rakyat Indonesia, Justin Hubner adalah seorang idola sekaligus pahlawan.

Sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Desember 2023, Justin Hubner menjadi bagian penting di skuad Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong. Tenaganya dan pikirannya tak hanya terkuras untuk Timnas Indonesia U-23, tapi juga timnas senior.

Pemain naturalisasi adal Belanda sejauh ini telah memberikan kontribusi besar bagi peningkatan performa Indonesia di pentas bergengsi.

Ia ikut saat Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bek kelahiran 14 September 2003 juga tampil cemerlang saat Timnas Indonesia U-23 sukses melaju hingga ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Dan terkini, pengagum Sergio Ramos, sosok protagonis di balik kedigdayaan Timnas Indonesia melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kehormatan

Bisa dipastikan, pemain keturunan berdarah Makassar masih jadi andalan Shin Tae-yong dalam mengarungi deretan laga berat di Grup C putaran ketiga kualifikasi, dimana Indonesia akan memulai laga melawan Arab Saudi pada 5 September mendatang.

Menjadi pemain Timnas Indonesia merupakan suatu kebanggaan sekaligus kehormatan bagi Justin Hubner.

"Menurutku itu luar biasa. Saya pikir itu adalah keputusan terbaik yang saya ambil dalam karier. Dukungan yang kami dapatkan di sini sungguh luar biasa. Saya sangat berterima kasih," kata Justin Hubner, via kanal YouTube Prestige Productions.

 

3 dari 4 halaman

Benar-Benar Gila!

Di lapangan, di palagan pertarungan, Justin Hubner sosok pemain bertahan yang sangar. Ia tak kenal kompromi dan berani berduel dalam keadaan apa pun, terlebih saat wilayahnya dalam tekanan. Wajah dinginnya membuat penyerang-penyerang lawan seperti terintimidasi.

Tapi, di luar lapangan, ia pribadi yang sangat menyenangkan. "Jika orang memintaku untuk berfoto atau apa pun, aku mencoba membuat foto bersama penggemar sebanyak yang aku bisa. Saya mencoba untuk menjadi normal. Saya tidak merasakan diri saya lebih dari orang lain," ujarnya.

Saat pertama kali tiba di Indonesia, Justin Hubner mengaku sangat kaget dengan semangat dan antusiasme pemuja setia tim Garuda, terlebih saat melakoni laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

"Itu benar-benar gila. Kami tidak terbiasa dengan dukungan di sini. Aku sangat bersyukur atas semuanya. Itu sangat bagus," ujar Justin Hubner sambil tersenyum.

Dalam pandangan Justin Hubner, Timnas Indonesia tak ubahnya sebuah keluarga yang diikat oleh saling percaya.

"Di dalam lapangan, di luar lapangan, harus saling percaya. Harus saling membantu. Jika Anda melakukan kesalahan, Anda harus bisa mengatakannya satu sama yang lain. Saya pikir, kami di tim memiliki chemistry yang sangat bagus. Semua pemain adalah teman yang sangat baik. Kami memiliki tim yang sangat bagus, menurut saya," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Puji Shin Tae-yong

Justin Hubner juga blak-blakan soal Shin Tae-yong yang telah memberikan banyak menit bermain kepadanya.

"Saya punya pengalaman yang sangat bagus dengan pelatih sejauh ini. Saya sekarang memainkan setiap pertandingan. Jadi tentu saja aku menyukainya. Menurutku dia sangat pintar. Dia tahu betul apa yang kita bisa dan apa yang tidak bisa kita lakukan. Dan dia bermain dengan pemain-pemain yang sangat muda. Karena menurut saya tidak banyak pelatih yang akan bermain dengan tim muda," kata Justin Hubner.

"Jadi, saya pikir dia memiliki pemikiran yang sangat bagus dalam sepak bola," pungkas Justin Hubner.

September sebentar lagi, di mana Timnas Indonesia akan mengawali laga Grup C putaran ketiga kualifikasi melawan Arab Saudi. Laga yang tak mudah, mengingat Indonesia menargetkan hasil positif di King Abdullah Sport City.

Seperti laga-laga sebelumnya, rakyat Indonesia kembali berharap banyak kepada Justin Hubner. Semoga ia bisa tampil maksimal demi menjaga asa Indonesia mentas di putaran final Piala Dunia 2026.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer