Sukses


PSBS Biak Banyak Dihuni Pemain Baru di BRI Liga 1, Beto Goncalves: Kami Butuh Proses Adaptasi

Bola.com, Jakarta - Tidak lama lagi PSBS Biak akan memulai kiprah di BRI Liga 1 2024/2025. Sebagai tim promosi, Badai Pasifik enggan numpang lewat di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Keseriusan ditunjukkan tim besutan Juan Esnaider itu dalam rangkaian persiapan yang dilakukan. Termasuk mendatangkan beberapa pemain, asing dan lokal. Total sudah ada 15 nama yang digaet PSBS Biak.

Mereka adalah Todd Rivaldo Ferre, Herwin Tri, Yano Putra, Marckho Sandi, Yohanes Kandaimu, Armando Oropa, Donni Monim, Pualam Bahari, dan Jeam Kelly Sroyer.

Sementara di barisan legiun asing antara lain Takuya Matsunaga (gelandang bertahan/Jepang), Julian Velazquez (bek/Argentina), dan Gabriel Esparza (winger/Argentina).

Kemudian, Abel Arganaraz (penyerang/Argentina), Williams Lugo (gelandang serang/Venezuela), serta Jonata Machado (gelandang bertahan/Brasil).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dapat Perpanjangan Kontrak

Adapun sejumlah pemain musim lalu yang mendapat perpanjangan kontrak yakni Beto Goncalves, Alexandro Ferreira, Nelson Alom, Febri Uopmabin, Thomas Wandikbo, Otto Kapisa, M.Tahir, Mario Londok, Melvis Uaga, Andika Wisnu, dan Muhammad Hamzaly.

Secara keseluruhan, Badai Pasifik telah memiliki 26 pemain. Beto Goncalves yang menjadi satu-satunya pemain senior di skuad PSBS Biak menyambut positif kehadiran sederet amunisi anyar.

"Tim kami banyak pemain baru yang datang dari luar dan pemain lokal juga. Ada beberapa pemain yang berpengalaman, mungkin punya pengalaman di Liga 2 saja, ada yang pernah dipanggil Timnas Indonesia," ujar Beto Goncalves kepada Bola.com, Rabu (17/7/2024) siang.

"Saya pikir bukan tim kami saja tapi banyak tim di Liga tahun ini banyak merekrut pemain baru, jadi butuh adaptasi. Bukan cuma di PSBS, banyak pemain yang pertama kali bermain di Indonesia jadi pasti butuh penyesuaian," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Butuh Penyesuaian

Adaptasi yang dimaksud penyerang gaek berusia 43 tahun itu meliputi karakter hingga atmosfer sepak bola Tanah Air. Oleh karena itu, para pemain asing yang baru kali pertama berkarier di Liga 1 harus bisa melewati tantangan tersebut.

"Karena mungkin di kompetisi mereka sebelumnya berbeda dengan Indonesia seperti karakter, kecepatan, wasit, lapangan, suporter, dan segala macam," kata Beto Goncalves.

"Jadi saya selalu bilang Liga Indonesia berbeda dengan liga di negara-negara lain ya, jadi harus adaptasi cuaca, kecepatan, intensitas pertandingan. Kita harus adaptasi dengan wasit karena kadang-kadang wasit tidak terlalu tegas," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Lawan Persib di Pekan Pertama

PSBS Biak dihadapkan dengan tantangan berat dalam partai pembuka BRI Liga 1 2024/2025. Mereka akan berjumpa sang juara bertahan, Persib Bandung.

Menurut jadwal, duel antara Persib kontra PSBS bakal berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (9/8/2024) pukul 19.00 WIB.

Setelah itu, pada pekan kedua Badai Pasifik akan bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (16/8/2024) pukul 15.30 WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer