Sukses


Mengulas Statistik Ganas Timnas Indonesia U-19 saat Pesta Gol ke Gawang Filipina: Depan dan Belakang Sama-Sama Garang!

Bola.com, Surabaya - Kemenangan telak yang diukir Timnas Indonesia U-19 atas Filipina U-19 pada pertandingan perdana Grup A Piala AFF U-19 2024 sebetulnya dapat tergambar dari catatan statistik kedua kubu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-19 sukses menang telak dengan skor 6-0 atas Filipina U-19.

Sejak babak pertama, anak asuh Indra Sjafri sudah unggul empat gol lewat Arlansyah Abdulmanan (13’), Iqbal Gwijangge (22’ dan 43’), serta Kadek Arel (29’). Memasuki paruh kedua, lahir dua gol dari Arlyansyah Abdulmanan (51’) dan James Raven (88’).

Jika melihat statistik laga ini, dominasi skuad Garuda Nusantara memang terpampang nyata tak hanya di atas lapangan, tetapi juga dari data pertandingan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dominan Sepanjang Laga

Timnas Indonesia U-19 tampil sangat dominan di hadapan Filipina. Dari segi penguasaan bola, anak asuh Indra Sjafri unggul telak. Dari catatan LapangBola, Garuda Nusantara sudah unggul 79% ball possession dibanding 21% milik lawan.

Sementara itu, intensitas serangan yang menurun pada babak kedua terlihat dari catatan statistik yang menghasilkan 65% berbanding 35%. Keunggulan ini tak terlepas dari akurasi umpan Kadek Arel dan kolega.

Sebab, mereka mampu mengukir 428 umpan sukses dari 488 percobaan. Dengan kata lain, akurasinya mencapai 87%. Bandingkan dengan Filipina yang hanya bisa mencatatkan 228 umpan sukses dari 288 percobaan dan hanya menghasilkan 79% akurasi umpan.

3 dari 4 halaman

Gelombang Serangan Berbahaya

Skuad Garuda Nusantara juga termasuk aktif menggedor pertahanan lawan. Namun, intensitasnya memang lebih tinggi pada babak pertama. Timnas Indonesia U-19 tercatat menghasilkan tujuh tembakan tepat sasaran dari 18 percobaan.

Hasilnya, ada empat gol yang dihasilkan anak asuh Indra Sjafri. Jumlah ancamannya memang menurun pada babak kedua. Timnas Indonesia U-19 hanya bisa menghasilkan tiga shots on target dari 10 kali percobaan.

Namun, catatan ini memang memperlihatkan ketimpangan yang drastis. Sebab, Indonesia bisa menghasilkan 10 tembakan tepat sasaran dari 28 percobaan, sedangkan Filipina mengukir dua shots on target dari dua kali upaya.

4 dari 4 halaman

Matikan Serangan Lawan

Salah satu kunci kesuksesan Timnas Indonesia U-19 juga dapat dilacak dari aspek defensif. Statistik membuktikan bahwa Garuda Nusantara mampu membaca arah permainan lawan sepanjang pertandingan.

Jika dibandingkan, Indonesia bisa mengukir 17 kali penciptaan peluang alias chances created. Sedangkan tim asuhan Josep Ferre hanya menghasilkan satu kali. Ini tak terlepas dari catatan defensif oke dari Kadek Arel dkk.

Sebab, mereka bisa mengukir 21 kali intersep sepanjang pertandingan. Angka ini memperlihatkan betapa sulitnya Filipina menembus pertahanan Indonesia, karena jalur distribusi umpannya sering dipotong di tengah jalan. 

Video Populer

Foto Populer