Sukses


Usai Timnas Indonesia U-19 Cukur Filipina di Piala AFF U-19 2024, Pengamat: Belum Konsisten, tapi Sangat Menghibur

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 mengawali laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan sangat meyakinkan.

Garuda Muda mencukur Timnas Filipina dengan skor telak 6-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (17/07/2024).

Empat gol diborong Arlyansyah Abdulmanan dan Iqbal Gwijangge yang masing-masing mencetak brace pada menit 12 dan 50 serta 21 dan 42. Sedangkan dua gol lainnya sumbangan dari Kadek Arel menit ke-28 dan Jens Raven menit ke-87.

Meski tampil sangat agresif dengan produktifitas tinggi, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri jujur mengakui anak asuhnya belum tampil konsisten menjalankan taktik.

"Jadi game plan yang kita rencanakan, filosofi yang kita bangun di tim ini tidak konsisten. Kadang-kadang kelihatan, kadang-kadang tidak. Makanya saya pikir memang tim usia muda perlu waktu dan kesabaran," kata Indra habis pertandingan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Inkonsistensi

Inkonsistensi ini juga diamati Didik Ludianto. Mantan arsitek Persela ini menyebut ada beberapa momen Kadek Arel dkk. bermain tak stabil.

"Sepanjang laga inkonsistensi itu terjadi. Tapi persentase kecil. Saya tahu filosofi permainan Indra Sjafri, karena saya cukup lama mengikuti karakter tim asuhannya," ujar Didik Ludianto.

Apapun yang terjadi, Didik Ludianto melihat agresifitas para pemain harus diapresiasi. Dia juga mengamati transisi permainan terkadang juga belum seimbang.

 

3 dari 3 halaman

Salah Passing

"Ketika terjadi transisi bertahan ada beberapa pemain yang telat turun. Begitu pula saat menyerang. Sehingga ada ruang antar pemain yang bisa dimanfaatkan pemain Filipina," ucapnya.

Didik Ludianto juga menyoroti kesalahan passing yang masih tampak di permainan.

"Passing adalah teknik dasar main bola. Pemain sekelas timnas, seharusnya soal passing sudah selesai. Berikutnya fokus pada game plan yang diinginkan pelatih," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer