Sukses


Pengamat Ungkap 2 Faktor Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina di Piala AFF U-19 2024, Apa Saja?

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu mengoleksi tiga poin setelah meraih kemenangan di partai pembuka.

Skuad Merah-Putih mengandaskan perlawanan Filipina U-19 dengan skor sangat telak 6-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024) malam.

Parade gol Timnas Indonesia U-19 masing-masing dicetak via brace Arlyansyah Abdulmanan (13',50') dan Iqbal Gwijangge (22', 43'). Kemudian Kadek Arel (29') serta Jens Raven (87').

Garuda Muda punya angka sama dengan Timor Leste yang ada di urutan kedua klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024. Kamboja dan Filipina berada di posisi ketiga serta keempat dengan nol poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

2 Faktor Penting

Kemenangan besar itu sebetulnya tidak mengejutkan karena di atas kertas Timnas Indonesia U-19 memiliki kekuatan di atas tim lawan. Menurut pelatih sepak bola nasional, Rasiman setidaknya ada dua faktor yang membuat Garuda Muda terlalu overpower di hadapan Young Azkals.

"Menurut saya ada dua faktor sebetulnya yang membuat anak-anak Indonesia bermain baik, pertama banyaknya pemain dari eks Piala Dunia U-17," ujar Rasiman kepada Bola.com, Kamis (18/7/2024).

"Dan yang kedua pemain-pemain yang punya caps cukup banyak di liga seperti Dony Tri Pamungkas dan Kadek Arel sehingga pemain itulah yang cukup dominan," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Punya Pengalaman

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menyertakan 23 pemain pada Piala AFF U-19 2024. Delapan nama di antaranya merupakan jebolan Piala Dunia U-17 2023. Mereka adalah Welber Jardim, Arkhan Kaka, Iqbal Gwijangge, Ikram Algiffari, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Figo Dennis, dan Kafiatur Rizky.

Sementara Dony Tri dan Kadek Arel memang dua di antara pemain muda yang kerap diberi kesempatan bermain secara reguler di BRI Liga 1 2023/2024. Pada musim lalu, Kadek tampil sebanyak 16 laga bersama Bali United. Sedangkan di Persija Jakarta Dony mencatat 21 penampilan.

4 dari 5 halaman

Bagus dan Terorganisir

Skuad Garuda Muda tampil dominan sepanjang laga. Dari catatan lapangbola.com, ball possession Timnas Indonesia U-19 mencapai 65 persen, berbanding 35 persen milik Filipina U-19.

Tidak hanya mendominasi penguasaan bola, Tim Merah-Putih juga berhasil menciptakan banyak peluang. Total dari 28 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. Sementara Young Azkals tercatat melepaskan dua tembakan yang mengarah ke gawang.

Garuda Muda yang menguasai pertandingan unggul total passing (488), namun cuma 428 yang akurat. Adapun Filipina U-19 mencatat 288 operan dengan total 228 passing di antaranya tepat sasaran.

"Secara organisasi Timnas Indonesia U-19 bermain sangat baik, konsep yang sangat jelas tadi juga ada dua gol dari set piece yaitu menunjukkan bahwa tim ini terorganisasi dengan sangat baik," puji Rasiman.

5 dari 5 halaman

Lawan Berikutnya

Mantan pelatih Persis Solo itu mengatakan, hasil positif ini menjadi bekal bagus Timnas Indonesia U-19 menghadapi pertandingan berikutnya. Kemenangan penting diraih demi menjaga asa lolos ke semifinal turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu.

Setelah ini, Garuda Muda bakal ditantang Timnas Kamboja U-19. Menurut jadwal, duel kedu tim berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (20/7/2024). Laga ini dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Video Populer

Foto Populer