Sukses


Maarten Paes Datang, Persaingan di Bawah Mistar Timnas Indonesia Bakal Makin Sengit: Siapa Bakal Tersingkir?

Bola.com, Jakarta - Ada satu sosok pemain yang dinantikan kehadirannya di Timnas Indonesia. Sosok yang dimaksud adalah penjaga gawang, Maarten Paes.

Maarten Paes diketahui sudah menjalani sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia pada April lalu. Saat itu prosesi sumpah Paes dilakukan di Jakarta.

Namun, Maarten Paes masih belum bisa membela Timnas Indonesia. Paes yang pernah membela Timnas Belanda U-21 ketika sudah berusia 22 tahun terhalang untuk segera memperkuat Tim Garuda.

PSSI dan pihak terkait terus berusaha agar Maarten Paes bisa lepas dari aturan itu. Sebab, banyak kasus pemain lain bisa lepas juga dari aturan itu setelah dibawa ke pengadilan CAS.

Jika Maarten Paes benar-benar hadir di Timnas Indonesia, persaingan di bawah mistar gawang tentu akan sangat seru. Ernando Ari yang selama ini menjadi pilihan utama bisa tergeser.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Level Berbeda

Ernando Ari memang memiliki kualitas yang bagus. Harus diakui, penjaga gawang berusia 22 tahun itu merupakan yang terbaik di Indonesia saat ini.

Namun, Maarten Paes ada di level yang berbeda. Kiper berusia 26 tahun ini berpengalaman bermain di level atas sepak bola baik di Eropa maupun di Amerika Serikat.

Penampilannya di MLS 2024 bersama FC Dallas juga menarik perhatian. Maarten Paes terus menjadi andalan klub itu dengan banyak penyelamatan yang terus dilakukan.

Maarten Paes juga nyaman bermain menggunakan kakinya. Sesuatu yang sangat diidamkan oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Satu Tempat untuk Adi Satryo

Datangnya Maarten Paes otomatis membuat posisi Ernando Ari sebagai kiper utama Timnas Indonesia akan tergusur. Kiper Persebaya Surabaya itu dipastikan akan menjadi kiper kedua Tim Garuda.

Sementara di posisi penjaga gawang ketiga diperkirakan akan menjadi milik dari Muhammad Adi Satryo. Selama ini Adi selalu menjadi deputi bagi Ernando Ari.

Adi Satryo pun tampil apik ketika dipercaya oleh Shin Tae-yong. Terutama saat Ernando Ari harus absen karena cedera atau akumulasi kartu.

4 dari 4 halaman

Tersingkir

Kehadiran Maarten Paes di Timnas Indonesia akan membuat Nadeo Argawinata yang belakangan menjadi kiper ketiga akan tersingkir. Nadeo sebenarnya adalah kiper utama Tim Garuda era awal kepelatihan Shin.

Namun, Nadeo Argawinata sempat mengalami penurunan performa. Hal itu yang membuat Shin Tae-yong perlahan beralih kepada Ernando Ari.

Belakangan ini performa Nadeo Argawinata bersama Borneo FC Samarinda sebenarnya cukup baik. Namun, hal itu tampaknya belum cukup meyakinkan Shin Tae-yong untuk kembali menempatkan Nadeo sebagai kiper utama Timnas Indonesia. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer