Sukses


Shin Tae-yong soal Persaingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jepang dan Australia Paling Berpeluang, Timnas Indonesia Bidik 3-4

Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka-bukaan mengenai persaingan dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia masuk Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Timnas Jepang, Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, dan Timnas China.

Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dapat disebut sebagai grup neraka karena tiga negara adalah langganan Piala Dunia yang meliputi Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Jepang empat kali lolos ke babak 16 besar dalam tujuh kali partisipasinya di Piala Dunia. Australia dua kali melaju ke perdelapan final selama enam kali bermain di putaran final.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

Sementara, Arab Saudi sekali menembus 16 besar Piala Dunia dari enam kali pengalamannya di Piala Dunia.

Dari 18 peserta putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dibagi ke tiga grup, hanya juara dan runner-up grup yang akan lolos ke putaran final.

Tim peringkat ketiga dan keempat bakal bermain lagi di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tim posisi kelima dan keenam bakal tersingkir.

3 dari 6 halaman

Jepang dan Australia

Enam tim di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan disebar ke dua grup. Masing-masing juara grup bakal mendapatkan tiket ke putaran final. Sedangkan peringkat kedua akan diadu di putaran kelima.

Pemenang putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bakal bergabung dalam play-off antarkonfederasi untuk memperebutkan dua tempat tersisa di putaran final.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa Jepang dan Australia menjadi dua kesebelasan dengan peluang paling besar di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

4 dari 6 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Menurut saya tidak masalah karena kami tidak menargetkan posisi satu atau dua di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Shin Tae-yong dalam YouTube Lee Kyung-kyu yang tayang pada Rabu (17/7/2024).

"Kami lebih baik melawan tim yang lebih kuat seperti tim peringkat satu atau dua. Jika ada situasu saling mengalahkan, itu akan bagus."

"Jujur, di grup kami, Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos ke Piala Dunia 2026," ucap Shin Tae-yong.

5 dari 6 halaman

Intip Kans

Shin Tae-yong mencoba realistis dengan membidik peringkat ketiga atau keempat supaya Timnas Indonesia bisa melaju ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong juga mengintip kans Timnas Indonesia bisa melenggang ke Piala Dunia 2026 lewat jalur putaran keempat. Untuk itu, tim berjulukan Garuda ini harus menjadi juara grup.

"Target saya adalah mencapai posisi ketiga atu keempat grup. Akan bagus jika bisa mendapatkan dua tiket ke Piala Dunia 2026," katanya.

6 dari 6 halaman

Start September 2024

"Jika tidak, kami akan bermain di play-off Piala Dunia 2026 dengan tiket 0,5. Jadi tim peringkat satu atau dua, siapapun yang datang, tidak masalah untuk kami," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia bakal memulai perjuangannya dalam Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Garuda baru akan bermain di kandang dengan menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada lima hari berselang.

Sumber: YouTube Lee Kyung-kyu

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer