Sukses


Beda Perlakuan Suporter Timnas Indonesia dan Korea Selatan Terhadap Shin Tae-yong yang Bikin Terharu

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong menukangi Timnas Indonesia sejak awal 2020. Saat itu, Shin menggantikan posisi Simon McMenemy sebagai pelatih kepala Skuad Garuda.

Awalnya, tidak banyak ekspektasi yang menyertai kehadiran Shin Tae-yong. Meski ia pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Namun, Shin Tae-yong harus diakui memiliki peran meningkatkan prestasi Timnas Indonesia. Peringkat FIFA Skuad Garuda meningkat drastis.

Selain itu, Timnas Indonesia juga akan berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sudah lama Skuad Garuda tak sedekat itu dengan putaran final pesta bola dunia.

Suporter Timnas Indonesia pun memberikan apresiasi besar untuk Shin Tae-yong. Shin selalu mendapatkan sambutan meriah di mana pun Timnas Indonesia berlaga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Chant Khusus

Tak jarang, Shin Tae-yong juga mendengar namanya dielu-elukan oleh suporter Timnas Indonesia. Terutama ketika Tim Garuda meraih kemenangan.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, suporter Timnas Indonesia memiliki chants tersendiri untuk Shin Tae-yong. Seperti yang ditunjukkan dalam laga melawan Filipina 11 Juni lalu.

Selepas pertandingan yang dimenangkan Timnas Indonesia U-20 itu, suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno itu meneriakkan "Shin Tae-yong".

3 dari 3 halaman

Pengalaman Pertama

Perlakuan yang diterima Shin Tae-yong di Indonesia itu merupakan pengalaman pertama baginya. Pelatih berusia 53 tahun itu tidak mendapatkan hal serupa di Korea Selatan.

Padahal, Shin Tae-yong mampu mencatatkan pencapaian yang tidak buruk bersama Timnas Korea Selatan. Taeguk Warriors pernah mengalahkan Timnas Jerman 2-1 di fase grup Piala Dunia 2018.

Bahkan, saat itu Shin Tae-yong disambut dengan sambutan kurang ramah di negeri sendiri usai pulang dari Piala Dunia 2018. Timnas Korea Selatan memang gagal melaju dari fase grup dalam ajang yang digelar di Rusia itu.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer