Sukses


Mengupas Pilar Timnas Indonesia yang Tampil di Piala Presiden 2024: Persija Paling Banyak Wakilnya, Persib, Borneo FC, dan Persis Menyala!

Bola.com, Jakarta - Semua sudah siap menanti dan menyaksikan Piala Presiden 2024. Pertanyaannya, siapa yang akan tampil sebagai juara di ajang pramusim 2024/2025 ini?

Dimulai Jumat (17/7/2024), Piala Presiden 2024 yang dijejali delapan tim hebat, direncakan berakhir pada 4 Agustu mendatang.

Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, mendapat kepercayaan sebagai venue penyisihan grup.

Sedangkan semifinal serta partai puncak mentas di stadion asal Presiden Joko Widodo, Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Persib Bandung sukses menandai dibukanya turnamen dengan kemenangan 2-0 atas PSM Makassar.

Kembali ke pertanyaan, siapa yang akan tampil sebagai juara Piala Presiden edisi kali ini? Menarik untuk dinanti.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Persaingan Sengit

Yang pasti, empat tim di Grup A, Persib Bandung, PSM Makasar, Borneo FC, dan Persis Solo serta empat tim lainnya di Grup B yakni Bali United, Persija Jakarta, Madura United, dan Arema FC siap bertarung habis-habisan demi trofi bergengsi.

Namun, jika pemain Timnas Indonesia dijadikan tolok ukur, maka Persija, Persib, Borneo, dan Persis layak dijagokan.

Bermaterikan pemain timnas memang sangat menguntungkan, mengingat kualitas mereka tak perlu lagi diragukan.

Meski di sepak bola tak ada yang pasti karena tim-tim kuda hitam bisa saja membuat kejutan, namun klub-klub yang diperkuat pemain timnas setidaknya bisa lebih percaya diri.

Oleh karena gengsi itulah, Persija, Persib, Borneo, dan Persis tak akan mau kehilangan muka di depan pendukung setianya.

Berikut empat tim dengan deretan pemain timnasnya:

3 dari 6 halaman

Borneo FC

Di sana berkumpul nama-nama mentereng, langganan Timnas Indonesia. Nadeo Argawinata, Stefano Lilipaly, Fajar Fathur Rahman dan, Komang Teguh. Ada yang berani meragukan kualitas mereka?

Bersama keempat bintang ini, Pesut Etam siap melibas semua lawan-lawannya dan membawa pulang Piala Presiden 2024 ke Samarinda, Kalimantan Timur.

Dua tahun lalu, Borneo FC melesat ke final Piala Presiden 2022, namun tumbang di kaki Arema FC. Kini, Nadeo dan kawan-kawan timnasnya tak mau gagal lagi.

Musim lalu, keempatnya tampil ciamik di lininya masing-masing. Nadeo misalnya, si ganteng ini mengantongi 13 clean sheet paling banyak di sepanjang BRI Liga 1 2023/2024, terbanyak dari kiper lainnya.

Lalu, Fajar Fathur Rahman didapuk sebagai Pemain Muda Terbaik. Stefano Lilipaly dijuluki tua-tua keladi, masuk daftar pemberi assist terbanyak.

4 dari 6 halaman

Persis Solo

Mengingat Presiden Joko Widodo berasa dari Solo, bisa dibayangkan betapa beratny misi yang diemban pasukan Milomir Seslija. Kemenangan adalah harga mati dan juara adalah sebuah keharusan.

Sejak digulirkan pertama kali pada 2015, Persis sama sekali belum pernah juara. Jadi, inilah momen yang tepat bagi Laskar Sambernyawa untuk naik podium kehormatan tertinggi.

Bisa? Tentu saja bisa. Soalnya, Persis sedikitnya punya tiga pemain Timnas Indonesia yang skil dan kualitasnya di atas rata-rata yakni Ramadan Sananta, Arkhan Kaka, serta Irfan Jauhari.

Ramadan Sananta tentunya menjadi ancaman yang sangat mengerikan bagi lawan, mengingat tombak 21 tahun itu sosok striker murni yang punya naluri tinggi memburu gol dari segala sudut.

5 dari 6 halaman

Persija Jakarta

Jangan main-main dengan Macan Kemayoran. Kegagalan musim lalu membuat tim kebangaan Ibu Kota bernazar menjadi yang terhebat di Piala Presiden tahun ini, seperti yang mereka torehkan pada 2018.

Carlos Pena, ahli taktik Persija yang baru, pastinya masih mengandalkan empat pilar muda kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri dan Rio Fahmi.

Tinggal bagaimana Carlos Pena bisa memaksimalkan potensi keempatnya dan mensinergikan mereka dengan pemain Persija lainnya, terutama pemain-pemain asing anyar Macan Kemayoran.

6 dari 6 halaman

Persib Bandung

Maung Bandung memang kehilangan sejumlah pemain bintangnya, tapi mereka tetaplah tim yang sangat kuat. Minus Ezra Walian, Alberto Rodriguez, dan Stefano Beltrame, Pangeran Biru masih tetap percaya diri karena masih punya stok banyak pemain adalan. Termasuk pemain-pemain timnas ini: Dimas Drajad, Marc Klok, Beckham Putra, serta Rachmat Irianto.

Meski hanya Dimas Drajad yang masih sering dipanggil Shin Tae-yong ke timnas, namun Marc Klok, Beckham Putra, dan Rachmat Irianto tak serta merta memble. Sukses Persib merengkuh gelar kampiun BRI Liga 1 2023/2024 tak lepas dari kontribusi ketiganya, terlebih Marc Klok selaku pengatur serangan di lini tengah sekaligus kapten tim.

Oh ya, Persib merupakan pemegang gelar edisi perdana Piala Presiden 2015 dan tahun ini juga ingin tampil sebagai jawara dengan gelar kedua.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer