Sukses


3 Faktor Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-19 Tumbangkan Kamboja di Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sukses mengamankan kemenangan keduanya di Grup A Piala AFF U-19 2024 setelah menggebuk Kamboja U-19. Setidaknya, ada beberapa kunci di balik keberhasilan ini.

Dalam pertandingan yang bergulir di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil mendapat tiga poin setelah unggul 2-0 atas Kamboja U-19.

Masing-masing gol yang dicetak anak asuh Indra Sjafri pada laga ini disumbangkan oleh Kadek Arel (71’) dan Muhammad Iqbal Gwijangge (86’). Kemenangan ini membawa Garuda Nusantara ke puncak klasemen Grup A.

Sebab, dari dua pertandingan, Indonesia berhasil menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Setidaknya, ada beberapa faktor kunci di balik keberhasilan Garuda Nusantara mencatat keunggulan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Maksimalkan Senjata Berbahaya

Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi mampu memanfaatkan senjata berbahayanya. Sebab, ketika menghadapi kebuntuan melalui skema permainan terbuka, Garuda Nusantara sanggup memaksimalkan bola mati.

Gol yang dicetak Kadek Arel pada pertandingan ini tercipta lewat eksekusi bola mati Kafiatur Rizky. Sepak pojok yang dikirimkan pemain bernomor punggung 10 itu sukses disambut dengan tandukan oleh Kadek Arel.

Pada laga sebelumnya, Kadek Arel juga menciptakan gol lewat skema serupa. Gol Iqbal Gwijangge juga lahir dari kemelut hasil skema sepak pojok. Artinya, Timnas Indonesia U-19 bisa memaksimalkan senjata berbahayanya.

 

3 dari 4 halaman

Intensitas Serangan

Timnas Indonesia U-19 memang sempat terlihat frustrasi karena gagal menembus pertahanan Kamboja U-19. Skema pertahanan low-block yang diterapkan lawan sangat sulit ditembus oleh Arkhan Kaka dan kawan-kawan.

Pada babak pertama, permainan kombinasi yang diterapkan Timnas Indonesia U-19 sering tersendat. Hal ini mengakibatkan peluang yang diperoleh pada paruh pertama memang terhitung minim.

Namun, intensitas permainan tinggi yang dijaga anak asuh Indra Sjafri membuahkan hasil manis. Mereka akhirnya mampu memecah kebuntuan karena tetap menjaga intensitas permainan hingga babak kedua.

 

4 dari 4 halaman

Mesin Gol Andalan

Munculnya nama Kadek Arel dan Iqbal Gwijangge sebagai pencetak gol Timnas Indonesia U-19 pada laga ini memang cukup menarik. Sebab, keduanya merupakan pemain yang bertugas di sektor pertahanan.

Meskipun demikian, keduanya justru menjadi senjata berbahaya Garuda Nusantara. Pada laga sebelumnya, Kadek Arel menyumbang satu gol. Sehingga, pemain Bali United ini telah mengumpulkan dua gol.

Sementara itu, Iqbal Gwijangge justru jadi pemain paling produktif. Sebab, dia sejauh ini sudah menghasilkan tiga gol karena mencetak brace ketika menggulung Filipina dengan skor 6-0.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer