Sukses


Piala AFF U-19 2024: Formasi 5 Bek Kamboja Terbukti Belum Mampu Jinakkan Timnas Indonesia U-19, Pelatih Tetap Beri Apresiasi

Bola.com, Surabaya - Kamboja U-19 jadi tim pertama yang dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19. Mereka kalah 0-2 dari Timnas Indonesia U-19 dalam matchday kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Secara permainan, Kamboja mampu tampil menyulitkan Timbas Indonesia U-19 di babak pertama. Mereka memainkan formasi 5-4-1 dengan lima bek yang memang disiapkan untuk membendung serangan pemain tuan rumah.

Secara permainan, Kamboja mampu bermain disiplin menjaga pertahanan. Skema itu memungkinkan mereka melakukan serangan balik cepat yang beberapa kali sukses mengejutkan.

"Kami sebenarnya sudah tahu kekuatan Indonesia. Kami juga mencoba membangun serangan yang kuat. Kami membangun sistem untuk menyerang," kata Phea Sopheaktra, pelatih Kamboja U-19 setelah pertandingan.

"Kami menggunakan formasi 5-4-1 agar bisa membangun serangan dan membendung tim lawan. Ini dimaksudkan supaya bisa menyerang melalui permainan terbuka," imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Merah Putih Kerepotan

Timnas Indonesia U-19 memang kerepotan dengan strategi parkir bus Kamboja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari umpan pendek, crossing, cutback, sampai percobaan masuk ke penalti, tapi tak berhasil.

Taktik yang coba diterapkan Kamboja U-19 memang berhasil, tapi hanya sampai menit ke-70. Setelah itu, pertahanan mereka mulai bisa dibobol bahkan dua kali terjadi.

Gol pertama Garuda Muda tercipta lewat sundulan Kadek Arel (71') dengan memanfaatkan sepak pojok dari Kafiatur Rizky. Hal yang sama terjadi pada gol kedua, bedanya, bola diselesaikan oleh Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

Hasil ini membuat Kamboja menelan dua kekalahan di Grup A. Sebelumnya, mereka dipaksa tumbang 2-3 saat menghadapi Timor Leste dalam matchday pertama (17/7/2024).

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi Sang Pelatih

Phea Sopheaktra menyebut bahwa dua kekalahan ini telah memberikan dampak terhadap timnya. Para pemainnya lebih memiliki kepercayaan diri menghadapi pertandingan internasional.

"Selama dua pertandingan ini, saya bisa bilang bagus untuk pemain saya. Beberapa pemain belum memiliki pengalaman internasional. Sekarang, mereka sudah bermain dan mendapatkannya. Kami akan terus mengembangkan pemain," ucapnya.

Hasil ini membuat Kamboja U-19 dipastikan jadi tim pertama yang gagal lolos ke semfinal. Mereka masih belum meraih poin dalam dua laga dan situasi itu membuat mereka tidak memungkinkan jadi juara Grup A.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer