Sukses


Pengamat Ungkap Penyebab Sulitnya Timnas Indonesia U-19 Bongkar Pertahanan Kamboja di Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surakarta - Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan kedua di Piala AFF U-19 2024. Kali ini, tim berjulukan Garuda Muda itu menundukkan Timnas Kamboja U-19 pada matchday kedua Grup A.

Skuad besutan Indra Sjafri itu menang dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/7/2024) malam.

Dua gol pasukan Garuda Muda tercipta pada babak kedua. Kadek Arel membuka keunggulan lewat sundulan di menit ke-71. Satu gol lainnya dilesakkan Igbal Gwijangge empat menit jelang laga bubar.

Hasil positif ini membuat Timnas Indonesia U-19 makin kokoh di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan koleksi enam angka. Sementara Kamboja U-19 tercecer di urutan terbawah dengan nol poin.

Posisi kedua serta ketiga masing-masing ditempati Timnas Timor Leste U-19 dan Timnas Filipina U-19. Kedua tim memiliki poin sama yakni tiga, namun Timor Leste U-19 unggul selisih gol atas lawannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alami Kebuntuan

Pengamat sekaligus pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan ulasan terhadap penampilan Timnas Indonesia U-19 kontra Kamboja U-19. Apa katanya?

"Secara keseluruhan Timnas kita menguasai pertandingan dengan menciptakan banyak peluang, namun ketatnya pertahanan Kamboja yang bermain menunggu hampir seluruh pemain berada di depan box penalti membuat penyerang-penyerang Timnas Indonesia U-19 mengalami kebuntuan," ujar Erwan kepada Bola.com seusai laga.

"Masih seringnya menonjolkan permainan individu yang kurang efektif membuat semakin sulitnya membongkar pertahanan Kamboja. Meskipun akhirnya dari sekian banyak peluang Timnas mampu menciptakan gol melalui proses corner kick," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Tambah Variasi Serangan

Agar tidak mudah terbaca oleh lawan-lawannya, Erwan Hendarwanto meminta Garuda Muda menambah variasi serangan mereka. Yang pasti, lini depan jadi perhatian yang kudu segera dibenahi.

"Cara bermain Kamboja bukan tidak mungkin akan ditiru oleh calon lawan-lawan Timnas lainnya, sehingga Timnas Indonesia U-19 harus memperbaiki variasi serangan yang lebih variatif," katanya.

"Dengan kombinasi satu dua sentuhan maupun aksi individu, baik dengan dribbling maupun shooting dari luar kotak penalti dan mengasah penyerang-penyerang Timnas supaya lebih tajam dan lebih tenang dalam memanfaatkan peluang," lanjut Erwan Hendarwanto.

 

4 dari 4 halaman

Laga Selanjutnya

Pada laga selanjutnya, Garuda Muda akan berjumpa Timor Leste U-19. Menurut jadwal, duel kedua tim berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Selasa (23/7/2024). Laga ini dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Di waktu yang sama, dua tim lainnya Kamboja U-19 versus Filipina U-19 bakal saling bentrok di Stadion Gelora 10 November, Kota Surabaya.

Video Populer

Foto Populer