Sukses


Piala AFF U-19 2024: Indra Sjafri Akui Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Kamboja Tidak Didapat dengan Mudah

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan kedua dalam Piala AFF U-19 2024. Mereka unggul 2-0 atas Kamboja U-19 dalam matchday kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Secara permainan, Kamboja mampu tampil menyulitkan Timbas Indonesia U-19 di babak pertama. Mereka memainkan formasi 5-4-1 dengan lima bek yang memang disiapkan untuk membendung serangan pemain tuan rumah.

Kamboja mampu bermain disiplin menjaga pertahanan. Skema itu memungkinkan mereka melakukan serangan balik cepat yang beberapa kali sukses mengejutkan.

"Kami bertandingan melawan tim yang defend, tentu membutuhkan kesabaran. Situasi bola yang lebih cepat, tapi babak pertama kami sering salah passing. Menggunakan lebar lapangan dipinggir juga mereka bisa menutup itu," ujar Indra Sjafri.

"Kamboja bermain realistis, mereka defen dan serangan balik. Kami mencoba memainkan situasi bola cepat lewat penetrasi shooting jarak jauh. Semuanya tidak berjalan, akhirnya lewat crossing," imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Akhirnya Bobol Juga

Timnas Indonesia U-19 memang kerepotan dengan strategi parkir bus Kamboja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari umpan pendek, crossing, cutback, sampai percobaan masuk ke penalti, tapi tak berhasil.

Taktik yang coba diterapkan Kamboja U-19 memang berhasil, tapi hanya sampai menit ke-70. Setelah itu, pertahanan mereka mulai bisa dibobol bahkan dua kali terjadi.

Ini berkat keputusan memasukkan Kafiatur Rizky di babak kedua menggantikan Toni Firmansyah. Kafiatur Rizky tampil menawan dengan memborong dua assist untuk dua gol yang tercipta di laga ini.

Gol pertama Garuda Muda tercipta lewat sundulan Kadek Arel (71') dengan memanfaatkan sepak pojok dari Kafiatur Rizky. Hal yang sama terjadi pada gol kedua, bedanya, bola diselesaikan oleh Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

"Di babak kedua, kami mengubah untuk lebih banyak ke area penalti. Alhamdulillah, dua gol terjadi. Yang pasti, kans kami untuk lolos dari grup sudah sangat terbuka," ujar Indra Sjafri.

"Saya mengapresiasi perjuangan para pemain. Mereka sudah berusaha dan berjuang untuk bisa memenangkan pertandingan walaupun sulit," tutur pelatih berusia 61 tahun tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tinggal Hadapi Timor Leste

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 meraih dua kemenangam beruntun. Sebelumnya, Dony Tri Pamungkas dkk. berpesta gol saat melawan Filipina dalam matchday pertama (17/7/2024).

Timnas Indonesia U-19 belum pasti lolos ke semifinal meski sudah mengemas enam poin dalam dua laga. Di laga terakhi, Garuda Muda akan bersua Timor Leste dalam matchday ketiga Grup A di stadion yang sama, Selasa (23/7/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer