Sukses


Baru Comeback Cedera, Kafiatur Rizky Langsung Cetak 2 Assist untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surabaya - Para pemain Timnas Indonesia U-19 harus berterima kasih kepada gelandang Kafiatur Rizky. Dia tidak mencetak gol saat melawan Kamboja di laga kedua Piala AFF U-19 2024, namun otak serangan Garuda Muda ada padanya.

Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan kedua dalam Piala AFF U-19 2024. Mereka unggul 2-0 atas Kamboja U-19 dalam matchday kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Gol pertama Garuda Muda tercipta lewat sundulan Kadek Arel (71') dengan memanfaatkan sepak pojok dari Kafiatur Rizky. Hal yang sama terjadi pada gol kedua, bedanya, bola diselesaikan oleh Iqbal Gwijangge pada menit ke-86.

Nah, dua gol Timnas Indonesia U-19 itu lahir dari kaki kiri Kafiatur Rizky yang melepas dua tendangan pojok bermakna besar itu. Menariknya, Kafiatur baru dimainkan di awal babak kedua menggantikan Toni Firmansyah dalam laga ini.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menyebut bahwa gelandang bernomor punggung 10 itu sempat mengalami cedera. Duel kontra Kamboja ini pun jadi laga comeback setelah pulih dan langsung memberi kontribusi penting.

“Kafiatur sedikit masalah, tiga minggu dia cedera. Jadi ini pun masih dalam pemulihan. Namun, dokter sudah jamin dia sudah oke, saya coba mainkan di babak kedua dan momennya pas,” kata Indra Sjafri.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kamboja Parkir Bus

Secara permainan, Kamboja mampu tampil menyulitkan Timnas Indonesia U-19 di babak pertama. Mereka memainkan formasi 5-4-1 dengan lima bek yang memang disiapkan untuk membendung serangan pemain tuan rumah.

Kamboja berhasil bermain disiplin menjaga pertahanan. Skema itu memungkinkan mereka melakukan serangan balik cepat yang beberapa kali sukses mengejutkan.

Timnas Indonesia U-19 memang kerepotan dengan strategi parkir bus Kamboja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari umpan pendek, crossing, cutback, sampai percobaan masuk ke penalti, tapi tak berhasil.

Taktik yang coba diterapkan Kamboja U-19 memang berhasil, tapi hanya sampai menit ke-70. Setelah itu, pertahanan mereka mulai bisa dibobol bahkan dua kali terjadi dan Kafiatur jadi momok buat Kamboja.

Ini berkat keputusan memasukkan Kafiatur Rizky di babak kedua menggantikan Toni Firmansyah. Kafiatur Rizky tampil menawan dengan memborong dua assist untuk dua gol yang tercipta di laga ini.

3 dari 4 halaman

Alasan Indra Sjafri Baru Mainkan Kafiatur Rizky saat Hadapi Kamboja

Sebelumnya, Kafiatur terpaksa absen saat Timnas Indonesia U-19 menang 6-0 melawan Filipina U-19 (17/7/2024). Kali ini, duel melawan Kamboja jadi momen pas karena dia mampu memecah kebuntuan saat Garuda Muda kesulitan mencetak gol.

“Sebenarnya, waktu lawan Filipina, kami sudah mau memainkan dia. Tetapi kami lebih memilih waktu itu agar istirahat. Dia kuat pegang bola, distribusi bolanya bagus,” ujar Indra Sjafri.

“Dia juga cepat untuk sisi sayap, melakukan umpan-umpan teman-temannya juga akurat. Dan saya pikir ini jadi modal bagi Kafiatur untuk bisa dapat tempat untuk pertandingan selanjutnya,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

4 dari 4 halaman

2 Kali Menang, Belum Pasti Masuk Semifinal

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 meraih dua kemenangan beruntun. Sebelumnya, Dony Tri Pamungkas dkk. berpesta gol saat melawan Filipina dalam matchday pertama (17/7/2024).

Timnas Indonesia U-19 belum pasti lolos ke semifinal meski sudah mengemas enam poin dalam dua laga. Di laga terakhir, Garuda Muda akan bersua Timor Leste dalam matchday ketiga Grup A di stadion yang sama, Selasa (23/7/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer