Sukses


Hitam Putih Jens Raven Saat Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Kamboja di Piala AFF U-19 2024: Menit Main Bertambah tapi Gagal Cetak Gol

Bola.com, Surabaya - Jens Raven mendapat menit bermain yang lebih banyak saat menghadapi Kamboja U-19. Dia tampil sejak menit awal babak kedua menggantikan Arkhan Kaka dalam laga tersebut.

Timnas Indonesia U-19 sendiri sukses menang 2-0 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2024 itu, Sabtu (20/7/2024). Raven tampil selama 45 menit, tapi sayangnya gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Hal itu berbeda saat Garuda Muda menang 6-0 atas Filipina di matchday pertama (17/7/2024). Raven baru dimasukkan di menit ke-67 yang kemudian mencetak gol di menit ke-88.

“Mencetak gol itu tugas seorang striker. Sangat disayangkan saya tidak mencetak gol tetapi saya sangat senang dengan kemenangan ini. Kamboja adalah tim yang sangat tangguh. Pertahanannya sangat tangguh,” ucap Jens Raven.

“Saya senang mendapat menit bermain lebih banyak. Pelatih meminta saya untuk beradaptasi dan pertandingan pertama adalah 20 menit. Jadi dia memberi tahu saya pertandingan kedua 45 menit dan setelah itu kita bisa melihat lebih jauh,” imbuh striker 18 tahun tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kamboja Sulitkan Timnas Indonesia U-19

Secara permainan, Kamboja mampu tampil menyulitkan Timnas Indonesia U-19 di babak pertama. Mereka memainkan formasi 5-4-1 dengan lima bek yang memang disiapkan untuk membendung serangan pemain tuan rumah.

Kamboja mampu bermain disiplin menjaga pertahanan. Skema itu memungkinkan mereka melakukan serangan balik cepat yang beberapa kali sukses mengejutkan.

Timnas Indonesia U-19 memang kerepotan dengan strategi parkir bus Kamboja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari umpan pendek, crossing, cutback, sampai percobaan masuk ke penalti, tapi tak berhasil.

Taktik yang coba diterapkan Kamboja U-19 memang berhasil, tapi hanya sampai menit ke-70. Setelah itu, pertahanan mereka mulai bisa dibobol bahkan dua kali terjadi.

Ini berkat keputusan memasukkan Kafiatur Rizky di babak kedua menggantikan Toni Firmansyah. Kafiatur Rizky tampil menawan dengan memborong dua assist untuk dua gol yang tercipta di laga ini.

 

3 dari 3 halaman

Senang Tim Menang

Gol pertama Garuda Muda tercipta lewat sundulan Kadek Arel (71') dengan memanfaatkan sepak pojok dari Kafiatur Rizky. Hal yang sama terjadi pada gol kedua, bedanya, bola diselesaikan oleh Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

“Tentu saja saya ingin mencetak gol tetapi saya senang kami mendapatkan kemenangan 2-0 ini. Setidaknya saya pikir saya tampil bagus. Saya pikir di babak kedua kami bermain sangat bagus sebagai sebuah tim,” ungkap Raven.

“Saya perlu adaptasi dengan semuanya, dengan para pemain, tapi menurut saya itu berjalan baik. Saya pikir pada pertandingan pertama dia (Indra Sjafri) terkesan karena saya mencetak gol. Saya berjanji padanya untuk melakukannya,” tuturnya.

Timnas Indonesia U-19 belum pasti lolos ke semifinal meski sudah mengemas enam poin dalam dua laga. Di laga terakhi, Garuda Muda akan bersua Timor Leste dalam matchday ketiga Grup A di stadion yang sama, Selasa (23/7/2024).

Video Populer

Foto Populer