Sukses


4 Fakta Timor Leste U-19, Lawan Terakhir Timnas Indonesia U-19 di Fase Grup Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Jakarta - Duel penentuan klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 2024 akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan bersua Timor Leste U-19, Selasa (23/7/2024) malam.

Timnas Indonesia U-19 sudah mengemas enam poin hasil dua kemenangan. Sedangkan Timor Leste U-19 baru meraih tiga poin karena meraih satu menang dan satu kalah di Grup A.

Secara historis, keduanya memiliki catatan prestasi yang berbeda. Timnas Indonesia U-19 pernah menjuarai turnamen Piala AFF U-19 pada edisi 2013. Bahkan, Garuda Muda juga jadi langganan masuk semifinal.

Sedangkan Timor Leste cuma dua kali masuk semifinal dalam sembilan keikutsertaan. Sisanya hanya sampai fase grup. Mereka juga belum pernah masuk ke partai puncak turnamen ini.

Terlepas dari hal itu, Timor Leste tetap lawan yang membahayakan. Bola.com telah merangkum empat fakta Timor Leste U-19 yang akan jadi lawan terakhir Timnas Indonesia U-19 di Grup A. Simak ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Serangan Balik Cepat

Timor Leste U-19 memiliki serangan balik yang cepat. Hal itu terbukti saat mereka menang 3-2 atas Kamboja U-19 dalam matchday pertama.

Tiga gol mereka disumbang oleh Vabio Canavaro (34'), Alexandro Lemos (37'), dan Luis Figo (39'). Sedangkan Kamboja membalas di babak kedua berkat Sorm Borith (55') dan Chheang Kimsong (60’).

 

3 dari 5 halaman

Pernah Juara Grup

Timor Leste U-19 pernah tampil mengejutkan di Piala AFF U-19 2013, yang kebetulan juga digelar di Indonesia, tepatnya di Sidoarjo. Saat itu, mereka mampu keluar sebagai juara Grup A yang bersaing dengan Kamboja, Laos, Singapura, dan Filipina.

Namun, mereka gagal melaju ke partai puncak karena kalah 0-2 dari Timnas Indonesia U-19 di semifinal. Timor Leste U-19 kemudian keluar sebagai tim peringkat ketiga setelah mengalahkan Laos U-19.

 

4 dari 5 halaman

Kiper Cedera

Timor Leste U-19 sempat memainkan kiper Egidio Oliveira saat melawan Kamboja U-19. Dia tampil apik, meski kebobolan dua gol. Namun, Egidio rupanya mengalami kondisi cedera.

Sebagai pengganti, Timor Leste U-19 memainkan Alexandre Quintao melawan Filipina. Dia juga kebobolan dua gol, tapi timnya tidak mencetak gol, jadi tetap kalah 0-2. Belum diketahui apakah Egidio bisa main melawan Timnas Indonesia U-19.

 

5 dari 5 halaman

Minim Pengalaman

Pelatih Timor Leste U-19, Eduardo Pereira, sebelum mengakui bahwa para pemainnya masih minim pengalaman. Kebanyakan dari mereka belum pernah menjajal laga internasional sehingga belum nyetel di Piala AFF U-19 2024.

Ditambah, fasilitas lapangan mereka di Timor Leste juga terbatas. Hal ini cukup jadi kendala untuk bisa mengimbangi tim kuat seperti Timnas Indonesia U-19.

Video Populer

Foto Populer