Sukses


Aples Tecuari Bangga: Anak-Anak Papua Tetap Bisa Bersaing di Timnas Indonesia Meski Ada Gempuran Pemain Keturunan

Bola.com, Jakarta - Para pemain Papua selalu mendapatkan tempat di Timnas Indonesia dari masa ke masa. Di era 1980-an ada sosok legendaris bernama Rully Nere.

Setelah itu menyusul generasi Aples Tecuari, Alexander Pulalo dan beberapa pemain lain. Generasi Eduard Ivakdalam pun menyusul.

Jangan lupakan juga generasi Boaz Solossa, Jack Komboy, Erol FX Iba, Elie Aiboy dan banyak pemain lain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini skud Timnas Indonesia pun masih menyediakan tempat untuk para pemain asal Papua. Ada Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Ricky Kambuaya yang menjadi langganan memperkuat Tim Garuda.

Legenda Timnas Indonesia asal Papua, Aples Tecuari bangga dengan hal itu. Apalagi peran para pemain Pulau Cendrawasih tidak hanya terbatas di level senior saja.

"Mereka adalah orang Papua dan menjadi kebanggaan bagi kami sebagai orang Papua. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi selalu ada entah itu di level senior atau kelompok umur. Di Timnas Indonesia U-19 kan ada juga Iqbal Gwijangge," kata Aples Tecuari kepada Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Lebih Berat

Aples Tecuari merasa persaingan di Timnas Indonesia saat ini semakin berat. Perkembangan kualitas Skuad Garuda semakin meningkat.

Terutama setelah kehadiran banyak pemain keturunan. Meski demikian, para pemain asal Papua tetap bisa bersaing di skuad Timnas Indonesia.

"Sekarang persaingan di Timnas Indonesia lebih berat dengan adanya pemain keturunan dan naturalisasi," ujar Aples Tecuari.  

3 dari 3 halaman

Tidak di Papua

Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Ricky Kambuaya memang menjadi langganan Timnas Indonesia. Namun, ketiganya memiliki persamaan.

Tiga pemain itu tidak berlaga di klub Papua. Mereka bahkan sudah lama merantau di luar pulau.

Saat ini Ricky Kambuaya bermain untuk Dewa United. Sementara Yakob Sayuri dan Yance Sayuri baru saja pindah ke PSM Makassar. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer