Sukses


Apostolos Rela Merantau demi Bisa Bela Australia Menghadapi Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Striker Timnas Australia, Apostolos Stamatelopoulos, memilih cabut dari A-League untuk mempertahankan tempatnya di skuad Socceross dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Timnas Australia akan melanjutkan kiprah pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Socceroos tergabung di Grup C bersama Timnas China, Timnas Bahrain, Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, dan Timnas Indonesia.

Tim besutan Graham Arnold itu bakal menjalani partai pembuka Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menjamu Bahrain (5/9/2024). Kemudian pada matchday kedua bersua Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur (10/9/2024).

Apostolos Stamatelopoulos hengkang dari Newcastle Jets untuk bergabung dengan klub kasta tertinggi Liga Skotlandia, Motherwell. "Apostolos berangkat ke Eropa dengan harapan terbaik kami," kata kepala eksekutif Newcastle Jets, Shane Mattiske, seperti dikutip dari The Australian, Senin (22/7/2024).

"Kami memahami bahwa agar Apostolos dapat masuk dalam skuad Socceroos untuk Piala Dunia 2026, dia harus bermain secara konsisten dalam beberapa bulan mendatang dan itu sejalan dengan jadwal Eropa," sambung Shane.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pilihan Tepat

Penyerang kelahiran Adelaide, Australia itu tampil gemilang bersama Newcastle Jets di A-League Men. Dari 25 laga, Apostolos Stamatelopoulos mencetak 17 gol. Namun, demi memperkuat tim nasional, dia terpaksa meninggalkan klub tersebut.

Kompetisi tertinggi Liga Australia musim 2024/2025 baru akan dimulai pada Oktober mendatang. Jika tidak pindah, Stamatelopoulos merasa lebih sulit mempertahankan tempatnya di skuad inti Timnas Australia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September melawan Bahrain dan Indonesia.

"Kami sangat bangga dengan perkembangannya di Jets selama musim lalu dan ingin melihat dia dan keluarganya kembali ke Newcastle di masa depan," ujar Shane Mattiske.

Ini bukan kali pertama mantan pemain Western United itu bermain di Eropa. Stamatelopoulos pernah memperkuat klub Yunani Rodos dan PAS Giannina pada medio 2021-2023, sebelum kembali ke A-League pada Juli tahun lalu.

 

3 dari 4 halaman

Baru Saja Debut

Pemain berusia 25 tahun itu belum lama ini melakoni debut di tim senior Timnas Australia. Apostolos Stamatelopoulos bermain dalam laga melawan Timnas Palestina pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Stamatelopoulos tampil cukup baik dan ikut menyumbangkan sebiji gol saat Australia menghajar Palestina dengan skor 5-0 di Perth, 11 Juni 2024. Pada laga itu, striker berpostur 184 cm itu masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

 

4 dari 4 halaman

Jalani 10 Pertandingan

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan memainkan 10 pertandingan. Fase ini dimulai sejak 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 dengan format home-away.

Masing-masing juara dan runner-up grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 otomatis lolos ke final Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat Grup A sampai C, masih akan berjuang di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, posisi kelima dan keenam tersingkir.

Video Populer

Foto Populer