Sukses


Timnas Indonesia U-19 Pakai Skema 3 Bek, Jens Raven Tak Masalah Main dengan Formasi 3-4-3

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 memakai formasi dan susunan pemain yang sama persis dalam dua laga Grup A Piala AFF U-19 2024. Mereka menggunakan formasi tiga bek, tepatnya 3-4-3.

Hasilnya memang baik dengan selalu menang. Pertama adalah unggul 6-0 atas Filipina U-19 (17/7/2024). Lalu, mereka juga sukses menang 2-0 kontra Kamboja U-19 (20/7/2024).

Trio bek berisikan Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, dan Kadek Arel. Ada dua winger yang bisa membantu serangan maupun bertahan, yakni Mufli Hidayat dan Dony Tri Pamungkas.

Dua gelandang tengah diisi oleh Toni Firmansyah dan Figo Dennis. Lalu, trisula lini depan berisikan Arlyansyah Abdulmanan, Arkhan Kaka, dan Riski Afrisal.

Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven, tidak masalah dengan skema ini. Dia sendiri juga selalu memulai laga dari bangku cadangan menggantikan Arkhan Kaka.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bukan Kendala untuk Jens Raven

Formasi menggunakan tiga bek terbilang kurang umum diterapkan di Eropa. Hanya beberapa klub saja yang memakainya.

Jens Raven juga baru mencobanya di Timnas Indonesia U-19, tapi ini bukan jadi kendala buatnya.

“Menurut saya formasi seperti ini bagus dengan dua bek sayap. Saya pikir, Anda lihat kami bermain bagus. Jadi menurut saya kami tidak perlu mengubahnya dan kami pertahankan bek sayap karena kami juga punya dua pemain untuk formasi ini,” ucap Jens Raven.

Formasi itu pula yang membuat Timnas Indonesia U-19 belum kebobolan. Keberhasilan mencatatkan clean sheet ini juga tidak lepas dari formas 3-4-3 yang dimainkan oleh pelatih Indra Sjafri.

 

3 dari 3 halaman

Skema 3 Bek

Skema tiga bek memungkinkan dua pemain sayap membantu turun saat diserang. Komposisi trio bek juga tidak mengalami perubahan dalam dua laga tersebut. Mereka adalah Alfharezzy Buffon, Kadek Arel, dan Iqbal Gwijangge.

Menariknya, justru dua nama terakhir itu ikut menyumbang gol. Kadek sudah membukukan dua gol, Iqbal malah lebih impresif dengan telah mencetak tiga gol.

Kini, duel penentuan klasemen akhir Grup A akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan bersua Timor Leste U-19, Selasa (23/7/2024) malam.

Timnas Indonesia U-19 sudah mengemas enam poin hasil dua kemenangan. Sedangkan Timor Leste U-19 baru meraih tiga poin karena meraih satu menang dan satu kalah di Grup A.

“Saya berharap tiga poin dalam kemenangan sehingga kami akhirnya bisa meraih sembilan poin untuk melaju ke semifinal,” tutur Jens Raven.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer