Sukses


Indra Sjafri Sebut Timor Leste Berkembang di Piala AFF U-19 2024, Timnas Indonesia U-19 Harus Waspada

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024. Mereka dijadwalkan bersua Timor Leste U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024).

Laga ini jadi penentu klasemen akhir Grup A. Timnas Indonesia U-19 sudah mengemas enam poin hasil dua kemenangan. Sedangkan Timor Leste U-19 baru meraih tiga poin karena meraih satu menang dan satu kalah.

Timor Leste U-19 tetap lawan yang membahayakan. Mereka memiliki serangan balik yang cepat. Hal itu terbukti saat mereka menang 3-2 atas Kamboja U-19 dalam matchday pertama.

Tiga gol mereka disumbang oleh Vabio Canavaro (34'), Alexandro Lemos (37'), dan Luis Figo (39'). Sedangkan Kamboja membalas di babak kedua berkat Sorm Borith (55') dan Chheang Kimsong (60’).

"Kalau di Asia Tenggara, Timor Leste, saya pikir mereka juga berkembang, termasuk tim-tim lain seperti Laos. Tim-tim usia muda hampir semuanya udah merata. Singapura juga saya lihat bagus," ucap Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19.

"Semua pemain harus diwaspadai, makanya kami menyiapkan dua rencana. Apakah dia bermain terbuka, kita siapkan. Apakah dia bermain realistis, dia main dengan deep, kita siapkan," ucapnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Timor Leste U-19 Minim Pengalaman

Pelatih Timor Leste U-19, Eduardo Pereira, sebelumnya mengakui bahwa para pemainnya masih minim pengalaman. Kebanyakan dari mereka belum pernah menjajal laga internasional sehingga belum nyetel di Piala AFF U-19 2024.

Ditambah, fasilitas lapangan mereka di Timor Leste juga terbatas. Hal ini cukup jadi kendala untuk bisa mengimbangi tim kuat seperti Timnas Indonesia U-19.

Meski demikian, Indra Sjafri pantang memandang sebelah mata. Dia tetap memandang Timor Leste memiliki kans untuk membuat kejutan dalam pertandingan ini.

"Yang saya tahu, Timor Leste berkembang dan bakat-bakat alam di Timor Leste selalu muncul yang baru-baru. Dan saya tagu persis, yang main di PSIS, Gali Freitas, banyak pemain-pemain berbakat," ujar Indra Sjafri.

 

3 dari 3 halaman

Catatan Prestasi Berbeda

Secara historis, keduanya memiliki catatan prestasi yang berbeda. Timnas Indonesia U-19 pernah menjuarai turnamen Piala AFF U-19 pada edisi 2013. Bahkan, Garuda Muda juga jadi langganan masuk semifinal.

Sedangkan Timor Leste cuma dua kali masuk semifinal dalam sembilan keikutsertaan. Sisanya hanya sampai fase grup. Mereka juga belum pernah masuk ke partai puncak turnamen ini.

Timor Leste U-19 sempat memainkan kiper Egidio Oliveira saat melawan Kamboja U-19. Dia tampil apik, meski kebobolan dua gol. Namun, Egidio rupanya mengalami kondisi cedera.

Sebagai pengganti, Timor Leste U-19 memainkan Alexandre Quintao melawan Filipina. Dia juga kebobolan dua gol, tapi timnya tidak mencetak gol, jadi tetap kalah 0-2. Belum diketahui apakah Egidio bisa main melawan Timnas Indonesia U-19.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer