Sukses


Striker Timnas Indonesia U-19 Baru Cetak Satu Gol, Ini Kata Indra Sjafri

Bola.com, Surabaya - Cuma satu gol yang dicetak oleh striker Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Angka itu kalah dari pemain belakang yang malah sudah menyumbang lima gol.

Striker Jens Raven sudah dua kali tampil membela Timnas Indonesia U-19 di Grup A Piala AFF U-19 2024. Hasilnya, mereka selalu menang, masing-masing 6-0 kontra Filipina (17/7/2024) dan unggul 2-0 atas Kamboja (20/7/2024).

Delapan gol Timnas Indonesia U-19 di fase grup Piala AFF U-19 2024 dicetak oleh empat pemain yang berbeda.

Iqbal Gwijangge jadi yang terbanyak dengan tiga gol, disusul Kadek Arel yang menyumbang dua gol. Kedua pemain ini berposisi sebagai pemain dam mencetak gol saat membantu menyerang.

Sedangkan tiga lainnya adalah Arlyansyah Abdulmanan mencetak dua gol. Sedangkan satu lagi adalah kontribusi striker Jens Raven.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tidak risau dengan statistik ini. Pemain posisi manapun boleh mencetak gol, bukan hanya striker.

"Untuk kita, siapa pun yang mencetak gol tidak ada masalah. Tim-tim Eropa juga bukan hanya striker yang cetak gol. Jadi untuk kita, evaluasi defendnya, jangan sampai ada kebobolan," ujar Indra Sjafri, Senin (22/7/2024).

"Untuk attacking, kami harus banyak cetak gol. Ini kita kebobolan belum ada, dan baru produktivitas 8 gol. Dan saya pikir cukup produktif siapapun yang mencetak," imbuh pelatih berusia 61 tahun itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Rotasi?

Dengan koleksi enam poin dari dua laga, Timnas Indonesia U-19 memiliki peluang besar untuk lolos ke semifinal. Mereka masih akan menghadapi Timor Leste dalam matchday terakhir Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam.

Duel ini seharusnya bisa dimanfaatkan untuk eksperimen komposisi terbaik Garuda Muda. Di sisi lain, para pemain yang selalu tampil dalam dua laga sebelumnya bisa mendapatkan rehat dengan kebijakan rotasi.

Tapi, bagi Indra Sjafri, rotasi pemain itu bukanlah perubahan komposisi starting eleven. Padahal, istilah ini biasanya merujuk pada perubahan starting line-up dibanding dengan laga sebelumnya.

"Istilah rotasi ini jangan rancu, rotasi itu pergantian. Pergantian itu bisa dibabak pertama, bisa di babak kedua. Nah, yang saya tentu akan mempertahankan the dream team, karena dia butuh jam bertandingnya untuk persiapan kalau kita nanti ke semifinal," ucapnya.

"Kalau kita gonta ganti terus, nanti the dream team saat kita semifinal dan final, kita tidak mendapat mana tim yang terbaik. Ini settingnya, sama yang saya lakukan waktu di SEA Games kemarin," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Pertahanakan Winning Team

Tampaknya, tak akan ada perubahan starting eleven dengan tetap mengandalkan formasi 3-4-3 seperti sebelumnya.

Hasilnya memang baik dengan selalu menang. Pertama adalah unggul 6-0 atas Filipina U-19 (17/7/2024). Lalu, mereka juga sukses menang 2-0 kontra Kamboja U-19 (20/7/2024).

Trio bek berisikan Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, dan Kadek Arel. Ada dua winger yang bisa membantu serangan maupun bertahan, yakni Mufli Hidayat dan Dony Tri Pamungkas.

Dua gelandang tengah diisi oleh Toni Firmansyah dan Figo Dennis. Lalu, trisula lini depan berisikan Arlyansyah Abdulmanan, Arkhan Kaka, dan Riski Afrisal.

Video Populer

Foto Populer