Sukses


Media Vietnam Nyinyir soal Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri: Argentina Kesulitan di GBK Kok Enggak Diketawain?

Bola.com, Jakarta - Sejumlah media Vietnam melontarkan sindiran saat Timnas Indonesia U-19 menang 2-0 atas Kamboja U-19, Sabtu (20/7/2024). Mereka menyebut Garuda Muda menang susah payah dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2024 tersebut.

Kemenangan itu menjadi sorotan media lokal Vietnam TheThao247.vn. Media tersebut heran, skuad Garuda Muda yang di atas kertas diunggulkan harus menang susah payah.

“Memasuki pertandingan, Indonesia U-19 dinilai jauh lebih unggul dibandingkan Kamboja dan banyak pihak mengira kemenangan besar akan diraih tim tuan rumah. Namun situasi di lapangan sangat sulit bagi Indonesia U-19,” tulis TheThao247.vn seperti dikutip pada Minggu (21/7/2024).

Garuda Muda tampil mendominasi pada laga ini. Mereka banyak menciptakan peluang, namun rapatnya barisan pertahanan Kamboja U-19 membuat Welber Jardim dkk. kesulitan menjebol gawang lawan.

"Kamboja U-19 bertahan dengan usaha keras. Mereka memblok seluruh serangan lawan, mulai dari umpan silang sayap, sundulan bola, hingga koordinasi di tengah. Namun kelemahan fisik Kamboja U-19 terlihat di penghujung pertandingan. Timnas Indonesia U-19 melihat situasi itu dan meningkatkan tekanan," ulas TheThao247.vn.

“Strategi mereka berhasil ketika mampu mencetak gol pembuka pada menit ke-70. Bek tengah Kadek Arel melakukan serangan saat sepak pojok dan menyundul bola ke gawang Kamboja U-19,” lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tertawakan Diri Sendiri Dulu Sebelum Menertawai Orang Lain

Hal itu mendapat respons dari pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Dia justru heran dengan pemberitaan Vietnam yang terkesan meremehkan timnya.

“Argentina kesulitan membobol gawang Indonesia di GBK kok tidak diketawain. Ya, dia belum coba menghadapi yang kayak gitu. Dan Myanmar juga bisa nahan Vietnam. Harusnya menertawakan diri sendiri dulu sebelum menertawakan orang lain,” ujar Indra Sjafri.

Pernyataan pertama Indra Sjafri sendiri merujuk pada saat Timnas Indonesia menghadapi Argentina dalam FIFA Matchday pada 19 Juni 2023. Saat itu, Argentina yang berstatus juara dunia kesulitan mencetak gol hingga akhirnya menang 2-0.

3 dari 3 halaman

Fokus Raih Kemenangan Lawan Timor Leste

Di sisi lain, tim Vietnam U-19 sendiri malah kesulitan bersaing di Piala AFF U-19 2024. Masuk Grup B, mereka malah masih belum berhasil menang, yakni imbang 1-1 melawan Myanmar dan tumbang 2-6 dari Australia.

Sedangkan, Timnas Indonesia U-19 sudah mengemas enam poin hasil dua kemenangan. Sedangkan Timor Leste U-19 baru mengoleksi tiga poin karena meraih satu menang dan satu kalah di Grup A.

Dony Tri Pamungkas dkk. sempat menang 6-0 atas Filipina U-19 (17/7/2024) yang berlanjut pada kemenangan 2-0 atas Kamboja U-19 (20/7/2024).

Kini, Garuda Muda akan akan melakoni matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024. Mereka dijadwalkan bersua Timor Leste U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam.

“Yang penting game plan kita berjalan sesuai dengan rencana. Kalau mentok, pemain harus kita pandu, bagaimana mengatasi itu. Harus ada respon yang berbeda dan kita bisa memenangkan pertandingan,” ucap Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer