Sukses


Performa Impresif Malaysia U-19, Cetak 16 Gol dalam 2 Laga Fase Grup Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surabaya - Tim Malaysia U-19 benar-benar tampil mengesankan di fase grup Piala AFF U-19 2024. Mereka sudah melakoni dua laga Grup C, dan hasilnya selalu menang dengan skor mencolok.

Harimau Muda sempat unggul 11-0 atas Brunei U-19 dalam matchday pertama (19/7/2024). Mereka kemudian kembali berpesta gol 5-0 melawan negara tetangga Singapura U-19 pada matchday kedua (22/7/2024).

Total, Malaysia U-19 telah mencetak 16 gol dan membuat mereka menjadi tim dengan produktivitas gol tertinggi sampai dua laga fase grup. Angka itu bahkan dua kali lipat lebih banyak dari Timnas Indonesia U-19 yang membukukan delapan gol.

“Standar yang kami tetapkan hari ini jelas terlihat dengan kami mencetak gol dan sekarang kami juga menciptakan clean sheet. Jadi semua orang bekerja keras. Jadi standarnya meningkat,” kata Juan Torres, pelatih Malaysia U-19.

“Saya dapat melihat peningkatan besar pada individu. Yang jelas kami masih harus bekerja keras. Waktu kami tinggal 10 hari lagi, jadi kami harus terus mendorong pemain, tidak bisa santai,” imbuh pelatih berpaspor Spanyol itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertahanan Kukuh

Secara permainan, Malaysia U-19 memang tampil mendominasi melawan Brunei U-19 dan Singapura U-19. Hal itu juga tidak lepas dari pertahanan yang mudah ditembus sehingga melahirkan banyak gol.

Kendati demikian, ada banyak faktor yang mempengaruh pesta gol dalam dua laga itu. Secara materi pemain, Malaysia U-19 memiliki kualitas yang merata.

Total 16 gol itu dicetak oleh 11 pemain yang berbeda. Dua pemain sudah menyumbang tiga gol, yakni Abid Safaraz dan Gunalan Pavithran. Lalu, ada satu pemain yang mencetak dua gol, yakni Izzat Syahir.

Sedangkan delapan lainnya masing-masing hasil kontribusi pemain yang berbeda. Mereka adalah Amir Farhan, Danish Hakimi, Faris Danish Asrul, Haykal Danish, Naim Zainuddin, Ridzwan Rosli, Shafizan Arshad, dan Zamirul Hakim.

3 dari 4 halaman

Sesuai dalam Latihan

Pelatih Juan Torres juga berani untuk melakukan rotasi dalam dua pertandingan itu. Saat dalam kondisi sudah unggul, dia memasukkan nama-nama yang perlu mendapat lebih banyak menit bermain.

Alhasil, kekuatan Malaysia U-19 semakin merata untuk membuat mental mereka lebih percaya diri. Hal itu kemudian berdampak pada permainan mereka yang lebih kreatif untuk mencari celah pertahanan lawan.

“Kami masih memiliki peluang untuk mencetak gol dengan para pemain muda. Jadi bagus bagi mereka untuk mendapatkan menit bermain karena mereka juga terlibat dalam latihan dan taktik dan mereka pun memahami bagaimana saya ingin bermain,” ucap Juan Torres.

4 dari 4 halaman

Indonesia Wajib Waspada

Ridzwan Rosli, bek Malaysia U-19 yang juga menyumbang satu gol, menyebutkan bahwa timnya melakukan persiapan matang untuk turnamen ini.

“Kami latihan habis-habisan untuk di finishing dan kami melakukan yang terbaik. Kami mencetak 16 gol karena kombinasi latihan. Jadi, alhamdulillah kami dapat melakukannya,” ujar bek bernomor punggung 2 tersebut.

Apa yang dilakukan Malaysia U-19 tentu wajib menjadi catatan bagi Timnas Indonesia U-19. Sebab, keduanya berpotensi bertemu di semifinal. Namun, mereka masih perlu melakoni laga terakhir grup masing-masing.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timor Leste U-19 dalam matchday ketiga Grup C di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam. Sedangkan Malaysia U-19 bakal bersua Thailand U-19 di stadion yang sama, Kamis (25/7/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer