Sukses


Yang Tersisa dari Laga Persib Vs Borneo FC: Pesut Etam Sebut Suporter Tuan Rumah Sudah Lebih Dewasa

Bola.com, Jakarta Menaiki kendaraan taktis (rantis) barracuda bukan hal asing bagi setiap tim kontestan Liga Indonesia saat bertandang ke markas lawan. Hal ini sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seusai laga.

Termasuk dalam pertandingan yang mempertemukan Persib Bandung kontra Borneo FC dalam matchday kedua Piala Presiden 2024. Pada laga ini, tuan rumah harus keok 0-1 dari Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (22/7/2024) malam WIB.

Gol semata wayang Pesut Etam dicetak Berguinho pada menit ke-92. Persib Bandung nyaris menyamakan kedudukan pada menit terakhir perpanjangan waktu, namun upaya itu gagal berbuah gol.

Selepas pertandingan, rombongan Borneo FC yang akan kembali ke hotel sempat tertahan di pintu keluar stadion. Tim Pesut Etam harus menunggu sampai situasi aman. Hal ini disampaikan sang manajer tim, Farid Abubakar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Suporter Sudah Lebih Dewasa

Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, kendaraan barracuda pun telah disiapkan pihak keamanan untuk mengangkut skuad Pesut Etam. Namun, manajemen Borneo FC menolak memakai mobil lapis baja tersebut. Mereka ingin tetap menggunakan bus tim.

"Kami sempat berdiskusi dengan pihak keamanan dan juga Panpel Persib Bandung dan meminta tidak pulang dengan rantis barracuda. Tapi kami sampaikan mau pakai bus saja, kami yakin suporter di Bandung sudah jauh lebih dewasa," kata Farid Abubakar.

"Dan Alhamdulillah kami pulang pakai bus, dan tetap dikawal ketat polisi dan juga di iringi barracuda sampai hotel."

"Kami sampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan Panpel Persib atas bantuan dan layanannya. Kami harus menjaga hal ini berlaku terus menerus, kalah menang adalah hal biasa. Contohnya malam ini, ketika kami menang di Bandung, tidak ada hal lanjutan negatif yang kami alami," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Bukan Hal Baru

Barracuda sebetulnya bukan hal baru bagi Borneo FC saat bertandang ke Bandung. Pesut Etam pernah di evakuasi dari Stadion Si Jalak Harupat pada Piala Presiden 2017. Itu terjadi pada 7 Maret 2017, dalam babak semifinal setelah menang penalti atas tuan rumah.

Ketika itu, suporter yang kecewa membuat Borneo FC dievakuasi menggunakan mobil rantis keluar stadion. Namun, itu cerita dulu. Kini situasi jauh lebih kondusif.

Hal senada disampaikan kapten Borneo FC, Diego Michiels. Bek berdarah Belanda itu mengatakan, publik sepak bola Bandung jauh lebih dewasa saat ini. Meski tim kesayangannya baru saja menelan kekalahan.

"Saya yakini, semua orang Bandung yang ada disini. akan memperlakukan kami dengan baik," ucap pemain berusia 33 tahun itu.

4 dari 4 halaman

Lolos Semifinal

Tim besutan Pieter Huistra itu kini memuncaki klasemen sementara Grup A Piala Presiden 2024. Mereka menorehkan enam poin, hasil dari dua laga yang dijalani.

Meski masih menyisakan satu pertandingan fase grup, Tim Pesut Etam dipastikan lolos ke babak semifinal yang akan digelar di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Video Populer

Foto Populer