Sukses


Cerita Piala AFF U-19: Jadi Rekan Setim Song Ui-young, Striker Singapura U-19 Tahu Banyak tentang Persebaya

Bola.com, Surabaya - Striker Singapura U-19, Kian Ghadessy, baru beberapa hari di Surabaya. Dia selalu tampil dalam dua laga timnya di Grup C Piala AFF U-19 2024 yang digelar di Stadion Gelora 10 November, Surabaya.

Namun, Kian Ghadessy rupanya cukup tahu banyak mengenai Surabaya. Padahal, dia baru kali pertama ke Indonesia dengan datang sebagai pemain Singapura U-19 di Piala AFF U-19. Dia bahkan mengetahui soal Persebaya Surabaya.

“Ya, saya tahu Surabaya, penggila sepak bola, Persebaya. Stadion luar biasa, Gelora Bung Tomo. Ya, ini kota yang indah. Saya menikmatinya di sini,” ucap Kian Ghadessy saat menjawab pertanyaan Bola.com.

Rupanya, striker berusia 18 tahun mempelajari hal-hal mengenai Surabaya. Termasuk klubnya, ada Persebaya Surabaya yang selama bertahun-tahun bersaing di Liga 1 dan jadi klub dengan sejarah panjang di kompetisi tanah air.

“Saya tahu klub-klub Asia Tenggara. Saya bisa melihat berita, media sosial, jadi saya tahu banyak tentang tim-tim ini,” imbuh kelahiran 30 November 2005 itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Karier

Kian Ghadessy merupakan pemain Lion City Sailors U-21. Tim senior klub itu merupakan klub raksasa Singapura yang dulunya sempat bernama Home United dan kerap berkompetisi di Asia.

Menariknya, Persebaya musim lalu sempat merekrut pemain berpaspor Singapura, Song Ui-young. Kebetulan Song Ui-young merupakan pemain tim senior Lion City Sailors.

“Song adalah rekan setim saya sekarang. Dia pemain yang luar biasa, panutan, dan ya, sangat bugar. Dia terus berlari,” ungkap Kian Ghadessy.

3 dari 4 halaman

Jejak Song Ui-young

Song Ui-young merupakan gelandang andalan Persebaya sejak direkrut di awal musim Liga 1 2023/2024. Namun, dia kemudian memilih mundur dengan kesepakatan kedua pihak karena alasan cedera per 1 Maret 2024.

Song Ui-young tercatat hanya tampil dalam 17 pertandingan bersama Persebaya dan menyumbang satu gol serta dua assist musim ini.

Tak sampai sepekan kemudian, Lion City Sailors telah mengumumkan merekrut kembali gelandang naturalisasi berdarah Korea Selatan itu. Hal itu sempat membuat heboh pecinta sepak bola Indonesia.

Bagi Song, Lion City Sailors bukanlah klub baru. Sebab, merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura dengan membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2023.

4 dari 4 halaman

Naturalisasi Singapura

Berkat statusnya itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Dia pun tercatat telah membukukan tiga gol dalam 16 pertandingan bersama Timnas Singapura.

Dengan rekam jejak Song Ui-young itu, apakah Kian Ghadessy juga berkeinginan untuk bergabung Persebaya? “Saya terbuka untuk apa pun,” jawabnya.

Sayangnya, Singapura U-19 sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-19 2024. Mereka gagal meraih kemenangan di Grup C, yakni kalah 1-2 dari Thailand U-19 dan dihajar 0-5 oleh Malaysia U-19.

Sejauh ini, Kian Ghadessy masih belum menyumbang gol dalam dua laga itu. Singapura U-19 sendiri masih menyisakan satu laga Grup C dengan menghadapi Brunei U-19 di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Kamis (25/7/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer