Sukses


3 Faktor Kunci Timnas Indonesia U-17 Tumbangkan Timor Leste: Jens Raven Keren, Muncul Lagi Satu Senjata Berbahaya

Bola.com, Surabaya - Kemenangan telak yang diraih Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Timor Leste U-19 pada pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2024 tak terlepas dari sejumlah kunci penting.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil menggulung Timor Leste U-19 dengan skor 6-2.

Sejak babak pertama, skuad Garuda Nusantara sudah unggul 3-0 lewat Jens Raven (19’ dan 27’) serta Figo Dennis (45+3’). Sementara pada paruh kedua, anak asuh Indra Sjafri menambah keunggulan lewat Kadek Arel (51’), Arkhan Kaka (53’), dan Kafiatur Rizky (57’).

Setidaknya, ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan Timnas Indonesia U-19 mengukir kemenangan dengan skor fantastis pada pertandingan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Faktor Jens Raven 

Kehadiran Jens Raven di lini serang Timnas Indonesia U-19 menjadi salah satu faktor yang krusial. Untuk pertama kali, pemain kelahiran Belanda ini mendapatkan kesempatan dari indra Sjafri untuk tampil sebagai starter.

Kepercayaan ini pun tak disia-siakan Jens Raven. Striker asal FC Dordrecht U-21 itu sukses menyumbangkan dua gol pada babak pertama. Gol pertamanya lahir lewat tandukannya yang memanfaatkan sepak pojok.

Untuk gol kedua, striker berusia 18 tahun ini sukses menyambar bola dari kiper Timor Leste di depan gawang. Sebetulnya, ia bisa saja mencetak hattrick pada menit ke-53, tetapi justru menyodorkan bola agar Arkhan Kaka bisa mencetak gol. 

 

3 dari 4 halaman

Servis Kafiatur Rizky

Kafiatur Rizky kembali membuktikan statusnya sebagai penyedia servis matang bagi rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-19. Pemain asal Tangerang Selatan ini sukses mengukir tiga assist pada laga kali ini.

Dua servis di antaranya diciptakan Kafiatur lewat eksekusi sepak pojok. Yang pertama dieksekusi oleh Jens Raven, sedangkan assist kedua melahirkan gol Kadek Arel. Adapun satu assist lainnya diukir lewat umpan matang untuk Jens Raven di kotak penalti.

Catatan ini menambah positif kiprah pemain berusia 18 tahun itu di Piala AFF U-19 2024. Apalagi, pada laga sebelumnya, dia juga menyumbangkan dua assist untuk membawa timnya menang 2-0 atas Kamboja.

 

4 dari 4 halaman

Tembakan Jarak Jauh

Timnas Indonesia U-19 memiliki senjata yang cukup spesial dari skema-skema bola mati. Namun, salah satu keunggulan baru yang muncul pada pertandingan kali ini ialah keberanian pemain melepaskan tembakan jarak jauh.

Melalui upaya ini, anak asuh Indra Sjafri mampu mencetak dua gol. Untuk yang pertama, Figo Dennis melepaskan tembakan terukur. Meski sempat membentur mistar gawang, bola justru memantul tubuh kiper Timor Leste dan masuk ke gawang.

Sedangkan gol dari sepakan jarak jauh yang kedua dilesakkan oleh Kafiatur Rizky. Pemain asal Borneo FC Youth ini mampu melepaskan tembakan terukur yang sulit dijangkau oleh kiper Timor Leste.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer