Sukses


Rapor Timnas Indonesia U-19 saat Pesta Gol ke Gawang Timor Leste U-19: Jens Raven dan Kafiatur Rizky Istimewa

Bola.com, Surabaya - Kemenangan telak diraih Timnas Indonesia di laga ketiga Grup A Piala AFF U-19. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (23/7/2024), tim besutan Indra Sjafri ini menekuk Timor Leste U-19 dengan skor 6-2.

Di laga ini, rotasi pemain dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19. Maklum, mereka sudah memastikan diri lolos ke semifinal. Pemain seperti Sulthan Zaki, Rizdjar Nurviat, Welber Jardim, Alexandro Kamaru, M. Ragil hingga Jens Ravens turun sejak menit awal. Padahal di dua laga sebelumnya, mereka jadi cadangan.

Permainan Indonesia tampak lebih cair. Jens Ravens membuka gol lebih dulu di menit 18. Namun, Timor Leste U-19 sempat menyamaka kedudukan lewat penalti, Ricardo Rorinho menit 23. Untungnya setelah itu, tim Garuda Muda berhasil menambah dua gol lewat Jens Raven dan bunuh diri kiper Timor Leste U-19, Alexandre Oscar.

Babak kedua, Indonesia U-19 membuat tiga gol tambahan. Lewat Kadek Arel, Arkhan Kaka dan Kafiatur Rizky. Sayang, di pengujung laga pertahanan Indonesia U-19 agak lengah. Sehingga Alexandro Bakhito membuat Timor Leste U-19 memperkecil kedudukan menjadi 2-6.

Secara permainan, bisa dibilang Indonesia U-19 tampil dominan. Welber Jardim dan Kafiatur Rizky membuat aliran bola dari tengah kedepan lebih terskema. Hanya saja, ada kelengahan di lini belakang. Karena dua pertandingan sebelumnya gawang Indonesia U-19 tidak kebobolan.

Hal ini bisa dimaklumi, mengingat rotasi pemain yang dilakukan membuat sistem pertahanan Indoensia U-19 agak longgar. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-19 versi bola.com.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kiper dan Belakang

Kiper

  • Ikram Al Giffari: 7

Meski tak banyak bekerja di laga ini, dia harus memungut bola dari gawangnya. Ikram kebobolan lewat gol penalti di menit Ricardo Rorinho di menit 23. Namun, Ikram akhirnya diganti di menit 58 oleh Wayan Artha Wiguna.

Belakang

  • Sulthan Zaky: 7

Cukup tenang tampil di lini belakang. Dia disilpin berada di garis pertahanan. Hanya saja, di babak kedua staminanya mulai terkuras karena beberapa kali beradu lari dengan penyerang Timor Leste yang punya kecepatan.

  • Kadek Arel: 7,5

Meski gawang Indonesia kemasukan dua gol, bukan berarti performa bek yang satu ini kurang bagus. Kadek tetap tampil dengan kontribusi tinggi. Dia tak hanya jadi stoper, tapi juga gelandang bertahan. Dia menyumbangkan satu gol di menit 51 lewat tandukan kepala.

  • Iqbal Gwijangge: 7

Bek yang satu ini hanya bermain di babak pertama. Permainanya tidak seperti dua laga sebelumnya. Karena areanya sempat dieksploitasi lawan yang berbuah gol pertama Timor Leste.

 

3 dari 4 halaman

Tengah dan Depan

Tengah

  • Rizdjar Nurviat: 7,5

Pemain yang sangat rajin membantu serangan Indonesia U-19 dari sayap kanan. Akselerasinya sudah oke, tapi akurasi crossingnya masih jarang menemui sasaran.

  • Kafiatur Rizky: 8,5

Salah satu bintang di laga ini. Kafiatur membuat 3 assist dan 1 gol indah dari luar kotak penalti. Yang menarik, tiga assist yang dibuat, semua berasal dari tendangan sudut di kiri gawang Timor Leste U-19.

  • Welber Jardim: 8

Dia membuat lini tengah lebih kreatif. Daya jelajahnya juga cukup tinggi. Dia banyak bergerak setelah mengalirkan bola. Welber bermain konsisten sepanjang pertandingan.

  • Figo Dennis: 7

Hanya bermain di babak pertama. Dia membuat satu aksi yang berujung gol ketiga untuk Indonesia. Tembakan dari jarak jauh Figo membentur mistar lalu memantul ke badan kiper Timor Leste U-19. Bola pun masuk ke gawang.

  • Alexandro Kamuru: 7

Aktif bermain di sisi kiri. Namun, sebuah aksinya berujung penalti untuk Timor Leste U-19 di pertengahan babak pertama. Kamuru berupaya memperbaiki kesalahannya dengan bermain agresif. Sayangnya, akurasi crossingnya juga masih lemah.

Depan

  • Muhammad Ragil: 6,5

Performanya masih kurang greget. Dia sempat dapat peluang emas di pertengah babak pertama. Namun, tembakannya mengarah ke kiper. Beberapa peluang juga didapat Ragil, tapi tak ada yang berbuah gol.

  • Jens Raven: 8,5

Kali pertama bermain sebagai starter di Piala AFF U-19, Raven berhasil mencetak dua gol dan dua assist. Itu membuktikan jika dia bermain untuk tim. Bukan untuk memenuhi ambisi sekedar mencetak gol.

 

4 dari 4 halaman

Pengganti

  • Arkhan Kaka: 7,5

Turun di babak kedua, dia berhasil pecah telur di ajang ini. Umpan matang dari Raven disambarnya menjadi gol kelima untuk Indonesia. Sebenarnya, Kaka punya beberapa peluang lagi. Sayang, tembakannya selalu diblok pemain lawan.

  • Meshaal Hamzah: 7

Bek jangkung ini masuk untuk merotasi Iqbal. Permainannya lumayan. Dia beberapa kali berhasil melakukan intersep. Meskipun setelah dia masuk, gawang Indonesia kebobolan di pengujung laga.

  • Toni Firmansyah: 7

Masuk untuk penyegaran lini tengah. Seperti biasa, dia tampil agresif sebagai gelandang box to box. Hanya saja, beberapa kali dia melakukan salah passing.

  • Wayan Arta Wiguna: 7

Turun di babak kedua, dia juga tak banyak bekerja. Karena Indonesia U-19 mendominasi permainan. Tapi dia Wayan kemasukan satu gol ketika pertahanan timnya lengah.

  • Mufdi Iskandar: 6,5

Baru turun di menit 80, Mufdi tak banyak kesempatan untuk memberikan kontribusi. Kecepatannya sempat terlihat di sisi kanan, tapi tidak terlalu membahayakan gawang Timor Leste U-19.

Video Populer

Foto Populer