Sukses


4 Fakta Menarik Kafiatur Rizky, Kolektor 3 Assist Timnas Indonesia U-19 saat Hadapi Timor Leste: Starter Langsung Jadi Man of the Match

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024 dengan torehan poin sempurna setelah menang telak 6-2 atas Timor Leste di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam WIB. Salah satu pemain yang menonjol dalam laga itu adalah Kafiatur Rizky.

Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024 dengan torehan 9 poin berkat kemenangan sempurna dalam tiga laga di fase grup.

Tim Garuda Muda mengawalinya dengan kemenangan 6-0 atas Filipina, 2-0 atas Kamboja, dan menutup fase grup dengan kemenangan 6-2 atas Timor Leste.

Enam gol ke gawang Timor Leste dicetak Jens Raven pada menit ke-18 dan 26', gol bunuh diri Alexandre Quintao, dan masing-masing satu gol dicetak Kadek Arel pada menit ke-51, Arkhan Kaka pada menit ke-53, dan Kafiatur Rizky pada menit ke-57.

Bahkan nama terakhir menjadi man of the match kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Timor Leste. Apa yang membuat Kafiatur Rizky menjadi istimewa dalam laga tersebut? Berikut empat fakta menarik mengenai sang gelandang bernomor punggung 10 itu:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kontribusi Besar

 

Kafiatur Rizky mencetak gol indah dalam kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Timor Leste. Tak hanya sekadar gol penutup kemenangan, tapi sebuah gol indah yang dilepaskannya dari luar kotak penalti.

Namun, tak hanya mencetak gol dalam laga tersebut, Kafiatur Rizky juga menyumbangkan tiga assist dalam laga itu. Pemain milik Dewa United itu memberikan kontribusi nyata membawa tim asuhan Indra Sjafri itu meraih kemenangan atas Timor Leste.

3 dari 5 halaman

Membayar Kepercayaan Pelatih

 

Satu hal yang menarik dari Kafiatur Rizky adalah laga kontra Timor Leste menjadi kali pertama dirinya dimainkan sebagai starter di Piala AFF U-19 2024.

Dalam dua laga pertama Grup A Piala AFF U-19 2024, Kafiatur Rizky hanya menjadi pemain yang menghangatkan bangku cadangan dan masuk sebagai pemain pengganti. Namun, performa yang apik ketika melawan Kamboja di laga kedua memang membuat Indra Sjafri membuka mata.

Kafiatur Rizky pun mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai starter dalam laga kontra Timor Leste. Akhirnya, kontribusi besar berhasil diperlihatkannya untuk Tim Garuda Muda.

4 dari 5 halaman

Darah Sepak Bola dari Sang Ayah

 

Kafiatur Rizky memiliki kemampuan apik di lini tengah Timnas Indonesia U-19. Namun, ternyata skill dan kemampuannya tak lepas dari peran sang ayah.

Sang ayah, Firmansyah, bahkan juga pernah menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19. Namun, tentu saja itu terjadi pada era 1990-an, atau tepatnya pada 1997.

Firman pernah menjadi pemain profesional yang memperkuat beberapa klub, seperti Persija Selatan, Indocement, hingga Persikota Tangerang.

5 dari 5 halaman

Penentu Juara Piala AFF U-16

 

Sebelum beraksi bersama Timnas Indonesia U-19, Kafiatur Rizky adalah salah satu andalan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Bahkan dalam pertandingan final Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kafiatur Rizky mencetak satu-satunya gol penentu kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam untuk memastikan diri menjadi juara.

Dalam Piala AFF U-16 2022 itu, Kafiatur Rizky mencatatkan tiga gol. Dua gol lain dicetaknya ke gawang Singapura saat menang 9-0 di fase grup.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer