Sukses


Indra Sjafri Bangga Jens Raven Tidak Egois saat Timnas Indonesia U-19 Tekuk Timor Leste di Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surabaya - Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven, tampil gemilang dalam duel kontra Timor Leste U-19 pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024. Raven berhasil mencetak dua gol dan dua assist.

Tim Garuda Muda sendiri sukses menang 6-2 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/07/2024) malam.

Keenam gol anak asuh Indra Sjafri tersebut disumbang oleh Jens Raven (18' dan 26'), gol bunuh diri Alexandre Quintao (45+1), Kadek Arel (51'), Arkhan Kaka (53'), dan Kafiatur Rizky menit (57').

Adapun dua gol Timor Leste U-19 ke gawang Timnas Indonesia U-19 tercipta atas nama Ricardo Bianco menit ke-23 dan Alexandro Bahkito Lemos menit ke-86.

Dalam duel tersebut, Jens Raven sebenarnya berpeluang mengukir hattrick pada menit ke-53. Mendapatkan bola dari Arkhan Kaka, Raven memiliki ruang tembak untuk mencetak gol meski dikawal dua pemain belakang Timor Leste.

Namun akhirnya, penyerang berusia 18 tahun tersebut memilih untuk mengembalikan bola kepada Kaka yang berada dalam posisi yang lebih menguntungkan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Progres Positif

Tanpa kesulitan, Arkhan Kaka menjaringkan bola ke gawang Timor Leste dengan tendangan kaki kanan. Aksi Jens Raven yang tak egois dalam duel tersebut mendapat banyak pujian.

“Ada hal progres positif yang dilihatkan oleh Jens, termasuk tadi yang disampaikan dia tidak egois, mungkin saya setuju. Dia bikin gol pertama di Timnas juga karena ada egoisnya, Afrisal, dan dia kasih gol. Dan kita tentu itu yang kita mau,” kata Indra Sjafri.

Jens Raven mendapat peningkatan menit bermain. Dia sempat tampil 23 menit kontra Filipina, lalu 45 menit melawan Kamboja, dan kini dia tampil penuh 90 menit saat menggasak Timor Leste.

“Ya, sesuai dengan settingnya kita untuk Jens tampil di Timnas U-20, kita betul-betul akan memberikan kesempatan dia secara bertahap,” ucap Indra Sjafri.

“Dari awal kita berbicara dengan dia. Pertama alasannya karena dia perlu adaptasi. Di game pertama kita kasih dia 10-15 atau 20 menit. Setelah itu kemarin kita kasih 45 menit dan hari ini dia bermain penuh,” imbuh pelatih berusia 61 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Jadi Banyak Pilihan

Indra Sjafri banyak melakukan perubahan komposisi starting eleven dalam pertandingan ini. Sebut saja ada Sulthan Zaky, Ridzjar Nurviat, Alexandro Kamuru, Kafiatur Rizky, Welber Jardim, hingga Jens Raven.

Nama-nama itu mampu membawa Timnas Indonesia U-19 tampil mendominasi. Kemenangan atas Timor Leste U-19 membuat Garuda Muda meraih sembilan poin dan dipastikan lolos ke semifinal dengan status juara Grup A.

Dalam tiga laga Grup A, Timnas Indonesia U-19 sebelumnya menang 6-0 atas Filipina dan unggul 2-0 kontra Kamboja. Total, Garuda Muda berhasil mencetak 14 gol dan kemasukan dua gol.

“Yang penting tim ini di semifinal benar-benar berhitung siapa skuat terbaik kita dan cara bermainnya kayak apa nanti yang akan kita lakukan. Tentu menunggu lawan siapa,” tutur Indra Sjafri.

Status juara Grup A membuat Timnas Indonesia U-19 akan berdua dengan juara Grup C, yakni Thailand U-19 atau Malaysia U-19. Kedua tim itu masih akan bertarung memperebutkan juara Grup C pada Kamis (25/7/2024).

Laga fase grup masih menyisakan pertandingan Grup B dan Grup C. Duel semifinal sendiri akan dimainkan pada Sabtu (27/7/2024), di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Video Populer

Foto Populer