Sukses


Timnas Indonesia U-19 Gulung Timor Leste di Piala AFF U-19 2024: Kafiatur Rizky Selebrasi Menangis, Sambutan dari Bench untuk Arkhan Kaka

Bola.com, Surabaya - Gelandang Timnas Indonesia U-19, Kafiatur Rizky, tak dapat membendung air matanya setelah mencetak gol. Kontribusi itu memang terasa penting karena jadi gol pertamanya di Piala AFF U-19 2024.

Dia menyumbang satu gol saat Garuda Muda menang 6-2 atas Timor Leste U-19 dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam.

Keenam gol anak asuh Indra Sjafri tersebut disumbang oleh Jens Raven (18’ dan 26’), gol bunuh diri Alexandre Quintao (45+1’), Kadek Arel (51’), Arkhan Kaka (53’), dan Kafiatur Rizky menit (57’).

Adapun dua gol Timor Leste U-19 ke gawang Timnas Indonesia U-19 tercipta atas nama Ricardo Bianco menit ke-23 dan Alexandro Bahkito Lemos menit ke-86.

Gol Kafiatur Rizky tercipta di menit ke-57. Setelah menjebol gawang lawan, Kafiatur berlari ke pinggir lapangan sampai meneteskan air mata. Ada makna emosional buatnya akhirnya mencetak gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Teringat Ayah

Pemain 18 tahun itu mengatakan dirinya menangis karena sudah sangat menantikan golnya di Piala AFF U-19 setelah dirinya sempat cedera cukup parah.

“Saya memang sudah menargetkan untuk mencetak gol dan juga assist. Saya juga terinspirasi dari ayah. Ayah saya juga pemain bola nomor 10 juga. Jadi saya insya Allah bisa lebih baik dari ayah,” ungkapnya setelah pertandingan.

Selain gol, Kafiatur Rizky juga sukses menyumbang assist untuk dua gol yang dicetak oleh Jens Raven dan Kadek Arel. Laga ini jadi istimewa karena dia telah memenuhi targetnya.

Kafiatur mengatakan penampilan gemilangnya ini juga tak lepas dari sosok ayahnya, Firmansyah, yang merupakan mantan pesepak bola. Sejauh ini, dari dua laga yang telah ia mainkan, dirinya telah mencetak satu gol dan empat asis.

“Saya senang, alhamdulillah, masih dikasih kepercayaan oleh Coach Indra untuk bermain di AFF ini. Semoga saya ke depannya bisa konsisten dan tetap kerja keras, dan juga kita kompak lagi, dan semoga kita bisa lebih fokus lagi,” ucapnya.

3 dari 6 halaman

Tetap Membumi

Meski telah memberi kontribusi yang mentereng, pemain bernomor punggung 10 itu tidak ingin terlena dengan kemenangan timnya. Dia juga merasa perlu melakukan perbaikan.

“Saya senang dengan hasil ini, tapi mungkin masih ada kekurangan permainan juga. Kami kebobolan dua gol, jadi tetap memerlukan perbaikan ke depan,” tuturnya.

Kemenangan atas Timor Leste U-19 membuat Garuda Muda meraih sembilan poin dan dipastikan lolos ke semifinal dengan status juara Grup A.

4 dari 6 halaman

Aksi Arkhan Kaka

Sementara itu, Arkhan Kaka Pecah Telur Cetak Gol, Disambut Pemain dan Staf Pelatih Timnas Indonesia U-19. Striker Arkhan Kaka akhirnya pecah telur bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Dia berhasil menyumbang satu gol saat Garuda Muda menang atas Timor Leste U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024).

Gol Kaka itu sudah sangat dinantikan. Sebab, dia sebelumnya mendapat banyak kritik karena gagal menyumbang gol dalam dua laga Grup A. Kini, Kaka akhirnya mencatatkan namanya di papan skor.

Ada kejadian menarik terkait gol ini, Kaka awalnya melakukan selebrasi dengan dikerubungi rekan-rekannya yang ikut bertanding di atas lapangan. Nah, para pemain dan staf kepelatihan yang ada bench berteriak dari luar lapangan memanggilnya.

Pelatih Indra Sjafri berteriak menunjukkan rasa senang menyambut Kaka yang berlari ke pinggir. Tak lupa para pemain dan staf pelatih juga menyambutnya dengan pelukan. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

“Terus terang, saya tadi di ruang nanti, memang sudah kita rencanakan bahwa dia akan dimainkan sebagai tandemnya Jens Raven,” kata Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19.

5 dari 6 halaman

Termotivasi

Indra Sjafri mulanya memang memainkan duet penyerang Jens Raven dan Muhammad Ragil dalam starting eleven. Ragil kemudian ditarik keluar di awal babak kedua dengan diganti dengan Arkhan Kaka.

Duet tandem Raven dan Kaka ini baru dimainkan dalam pertandingan ini. Rupanya, penampilan keduanya mampu melahirkan kombinasi yang mengesankan.

Jens Raven sebenarnya malah Dia sebenarnya berpeluang mengukir hattrick pada menit ke-53. Mendapatkan bola dari Arkhan Kaka, Raven memiliki ruang tembak untuk mencetak gol meski dikawal dua pemain belakang Timor Leste.

Namun akhirnya, penyerang berusia 18 tahun tersebut memilih untuk mengembalikan bola kepada Kaka yang berada dalam posisi yang lebih menguntungkan. Tanpa kesulitan, Arkhan Kaka menjaringkan bola ke gawang Timor Leste dengan tendangan kaki kanan.

“Saya minta Kaka kalau bisa sumbangkan satu gol untuk timnas. Dan dia membutuhkan dan ini mudah-mudahan untuk Kaka bisa menjadi motivasi dengan bisanya dia mencetak gol yang pertama di AFF Ini,” ucap Indra Sjafri.

6 dari 6 halaman

Tatap Laga Semifinal

Dalam tiga laga Grup A, Timnas Indonesia U-19 sebelumnya menang 6-0 atas Filipina dan unggul 2-0 kontra Kamboja. Total, Garuda Muda berhasil mencetak 14 gol dan kemasukan dua gol.

Status juara Grup A membuat Timnas Indonesia U-19 akan berdua dengan juara Grup C, yakni Thailand U-19 atau Malaysia U-19. Kedua tim itu masih akan bertarung memperebutkan juara Grup C pada Kamis (25/7/2024).

Laga fase grup masih menyisakan pertandingan Grup B dan Grup C. Duel semifinal sendiri akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer