Sukses


Menjanjikan, Duo Brasil Borneo FC Tampil Gacor di Piala Presiden 2024

Bola.com, Jakarta Borneo FC menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Presiden 2024. Tim berjulukan Pesut Etam itu berstatus juara Grup A pada ajang pramusim tersebut.

Kepastian itu didapat setelah mereka mengandaskan perlawanan tuan rumah Persib Bandung pada matchday kedua di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (22/7/2024). Pada laga ini, Borneo FC menang tipis 1-0.

Pada tabel klasemen sementara Grup A, Tim Pesut Etam kukuh di puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Hasil dari dua kemenangan. Sementara Persib Bandung membuntuti di urutan kedua dengan nilai tiga.

Adapun posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati Persis Solo serta PSM Makassar dengan torehan satu angka. Tim kontestan di grup ini masih akan memainkan satu pertandingan lagi di partai terakhir fase grup pada Kamis 25 Juli 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bintang Kemenangan

Pencapaian tim besutan Pieter Huistra itu menembus fase knockout Piala Presiden 2024 tidak lepas dari andil duo rekrutan anyar mereka asal Brasil. Pemain yang dimaksud adalah Leo Gaucho dan Berguinho.

Keduanya jadi aktor dibalik kegemilangan Tim Pesut Etam melibas lawan-lawannya pada fase grup Piala Presiden 2024. Leo Gaucho tampil menawan ketika Borneo FC menghajar Persis Solo dua gol tanpa balas di partai pembuka, Jumat (19/7/2024).

Pada laga itu, striker berusia 22 tahun tersebut jadi bintang kemenangan Tim Pesut Etam. Leo Gaucho mencetak brace alias dua gol, masing-masing pada menit ke-45+1 dan (52').

"Selalu bagus jika memiliki striker baru yang bisa mencetak gol dari kondisi yang bukan peluang sebenarnya. Kami berekspektasi banyak dengan Leo Gaucho, dia masih muda, ambisius dan mempunyai kualitas yang bisa membantu kami," puji Pieter Huistra.

3 dari 4 halaman

Penentu Kemenangan

Performa Berguinho juga tak kalah bagusnya. Gelandang serang berusia 27 tahun itu jadi penentu kemenangan Borneo FC saat berhadapan dengan sang juara bertahan BRI Liga 1, Persib. Pemain berpostur 185 cm itu menciptakan gol di menit-menit akhir pengujung laga, tepatnya pada menit ke-90+2.

Gol telat Berguinho membuat pendukung tim tuan rumah terdiam. Sebab, dengan kekalahan itu Persib Bandung wajib memenangi laga pamungkas melawan Persis demi melenggang ke semifinal Piala Presiden 2024.

Berguinho menunjukkan permainan impresif sepanjang laga itu. Dia menjadi kreator serangan Tim Pesut Etam. Pergerakannya beberapa kali membahayakan gawang Maung Bandung.

4 dari 4 halaman

Sama-sama Debut di Liga Indonesia

Tahun ini merupakan debut keduanya di pentas sepak bola Indonesia. Leo Gaucho dan Berguinho didatangkan Borneo FC pada akhir Juni lalu. Leo diikat dengan kontrak berdurasi dua musim, sedangkan Berguinho tidak disebutkan berapa durasi kontraknya.

Sebelum hijrah ke Indonesia, Leo Gaucho pernah memperkuat sejumlah klub di beberapa negara. Sebut saja Brasil, UAE, dan Latvia. Tim terakhir yang dibelanya yakni Valmiera FC. Di sana, dia membukukan 11 gol plus tiga assist dari 24 laga.

Sementara itu, Berguinho banyak menghabiskan karier profesionalnya di Liga Brasil. Beberapa di antaranya Linense, Oeste, Boe Esporte, Novorizontino, ABC FC, Ferroviario, Azuriz, Volta Redonda, hingga Nautico.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer