Sukses


Ada Lagi Nih Pemain Diaspora yang Berharap Dipantau PSSI: Demyan Oosterhuis, Bek, 17 Tahun, Jebolan Akademi Malaga

Bola.com, Jakarta Di timnas senior dan Timnas Indonesia U-23 ada Rafael Struick, Ivar Jenner, Thom Haye, Calvin Verdonk, dan Nathan Tjoe-A-On. Lalu, di Timnas Indonesia U-19 ada Jens Raven.

Kini, jika nasib baik berpihak, Demyan Oosterhuis juga akan segera memperkuat Timnas Indonesia.

Nama Demyan Oosterhuis belakangan kembali kerap disebut-sebut, karena pemain yang masih berusia 17 tahun itu berminat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan bermain bersama tim Garuda via program naturalisasi.

Demyan Oosterhuis memenuhi semua syarat sebagai pemain bertahan. Selain memiliki postur menjulang hingga 190 cm, pemain campuran Indonesia (Palembang) - Belanda ini juga punya naluri menyerang serta punya visi bermain yang sangat baik.

Lahir di Belanda, Demyan Oosterhuis saat ini tercatat sebagai penghuni Akademi FC Malaga City, Spanyol. Jika tak ada aral melintang, dalam waktu yang tak lama lagi, sang wonderkid akan meneruskan karier ke Belgia, merapat ke markas Patro Eis U-21.

Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, Demyan Oosterhuis berharap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus memantau perkembangan bakat-bakat pemain keturunan yang ada di luar negeri, termasuk dirinya.

"Semoga Indonesia bisa terus mencari bakat yang di luar untuk bisa membela Timnas Indonesia," kata Demyan Oosterhuis.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Keyakinan ke Piala Dunia

Demyan Oosterhuis hakulyakin, kehadiran pemain keturunan yang berkualitas pastinya akan membuat Timnas Indonesia semakin kuat dan tak menutup kemungkinan bisa menembus putaran final Piala Dunia 2026.

"Aku pikir Indonesia bisa menjadi tim nasional yang sangat bagus dan semoga bisa ke Piala Dunia. Menurutku itu bisa tercapai," imbuhnya.

Ya! Kehadiran Rafael Struick dan sejumlah pemain naturalisasi dalam dua tahun terakhir terbukti mampu mendongkrak performa Timnas Indonesia di pentas Internasional.

Setidaknya ada tiga pencapaian spektakuler yang telah ditorehkan. Pertama, tim asuhan Shin Tae-yong lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan kedua melaju sampai semifinal Piala Asia U-23 2024.

3 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Terakhir, Timnas Indonesia juga melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berada di Grup C, Indonesia akan mulai berjuang pada 5 September mendatang melawan Arab Saudi. Selain Arab Saudi, lawan-lawan berat yang juga harus dikalahkan adalah Jepang, Australia, China, serta Bahrain.

Kembali ke Demyan Oosterhuis, dalam tayangan YouTube, terlihat bagaimana ia bertarung di lini belakang. Posturnya yang tinggi tegap membuat Demyan Oosterhuis sangat sulit dilewati. Ia juga tak segan-segan melakukan tebasan atau tekel demi menjaga gawang timnya dari bombardir penyerang-penyerang lawan.

Sesekali ia berani meninggalkan wilayahnya guna ikut membantu serangan atau sekadar memberikan umpan kepada gelandang atau langsung ke striker.

4 dari 4 halaman

Kelebihan Lain

Kelebihan lainnya, Demyan Oosterhuis juga spesialis bola mati, khususnya tendangan bebas. Ia mampu mencetak gol dari momen ini, meski jarak tembak cukup jauh dan dihalang empat pemain lawan sebagai pagar hidup.

Melihat skill dan keinginan Demyan Oosterhuis, tak ada salahnya jika tim pemantau PSSI segera membawa pemain muda yang pernah mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) ke Jakarta guna segera dinaturalisasi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer