Sukses


Bisa Gelandang dan Bek, Demyan Oosterhuis Menanti Dipantau PSSI untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Nama Jens Raven berkibar di langit Indonesia. Semua membicarakannya, semua memujinya. Ia jadi buah bibir di seantero Tanah Air, juga di Asia Tenggara, mungkin juga di Asia.

Jens Raven tampil cemerlang saat Timnas Indonesia U-19 menggiling Timnas Timor Leste U-19 saat keduanya bentrok dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bun Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024) malam WIB.

Penyerang yang belum lama mengantongi KTP Indonesia menyumbang dua gol serta satu assist dalam kemenangan 6-2 atas Timor Leste.

Setelah dalam dua laga sebelumya melawan Filipina dan Kamboja masuk dari bangku cadangan, kali ini pemain naturalisasi itu dipercaya sebagai starter serta tampil penuh tanpa tergantikan. Total, striker 18 tahun sudah mengemas tiga gol dan berpeluang menjadi top score.

Jens Raven menambah daftar panjang pemain naturalisasi yang memberikan kontribusi besar setelah pendahulunya sepertinya Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Thom Haye, Jay Idzes, dan Calvin Verdonk.

Kini, fans setia Timnas Indonesia kembali berpeluang mendapatkan suntikan darah segar dari pemain keturunan yang bermukim di Belanda, Demyan Oosterhuis.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bek dan Gelandang

Memiliki tinggi 190 cm, Demyan Oosterhuis bermain sebagai bek. Lincah, gesit, kuat menguasai bola, dan jago mengeksekusi tendangan bebas merupakan ciri khas pilar berdarah campuran Indonesia (Palembang) - Belanda.

Lewat rekaman vidio yang tampak di kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, pemain yang mulai musim 2024/2025 akan bermain bersama klub kasta kedua Belgia, Patro Eis U-21, pamer aksi seakan memberikan isyarat kepada PSSI, Indra Sjafri, dan Shin Tae-yong kalau dirinya layak dipanggil ke Timnas Indonesia.

Meski lahir di Belanda, Demyan Oosterhuis justru ditempat di sepak bola ala Spanyol, tepatnya di Akademi FC Malaga City. Performanya yang terus meningkat kemudian membawanya terbang ke Belgia.

Tak hanya sangar di jantung pertahanan, Demyan Oosterhuis juga mumpuni di lini tengah sebagai gelandang bertahan. "Tapi kalau bisa memilih, aku lebih suka sebagai bek tengah," kata Demyan Oosterhuis.

3 dari 4 halaman

Tertarik Gabung Timnas Indonesia

Demyan Oosterhuis mengaku siap berjibaku dan memberikan yang terbaik jika PSSI memanggilnya ke Timnas Indonesia.

Menurutnya, kalau Rafael Struick dan kawan-kawan mendapat kesempatan emas menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela timnas, ia juga harus mendapat kesempatan yang sama sebagai pemain kuturunan.

"Semoga Indonesia bisa terus mencari bakat yang di luar untuk bisa membela Timnas Indonesia," kata Demyan Oosterhuis.

4 dari 4 halaman

Menunggu Kesempatan

Kini, semua berpulang kepada PSSI selaku otorita sepak bola tertinggi di Tanah Air. Yang pasti, seperti kata sang Ketum, Erick Thohir, perburuan terhadap pemain keturunan berkualitas di luar negeri belum berhenti.

Jadi, Demyan Oosterhuis harus bersabar. Jika memang takdir dan nasib baik berpihak, rezeki tak akan kemana.

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer