Sukses


Shin Tae-yong Semringah Dapat Golden Visa dari Jokowi: Awalnya Tidak Tahu dan Bingung, Kini Sangat Bangga dan Berarti

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, semringah mendapatkan Golden Visa dari Presiden RI, Jokowi, di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, pada Kamis (25/7/2024).

Shin Tae-yong menerima Golden Visa dalam Grand Launching Golden Visa yang juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yasonna Laoly hingga Menko Maritim dan Investasi (Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Shin Tae-yong, yang awalnya tidak tahu dengan Golden Visa, merasa bangga bisa memperolehnya dari Jokowi.

Maksud dari Golden Visa secara sederhana adalah izin tinggal untuk Warga Negara Asing (WNA) yang memenuhi syarat, seperti Shin Tae-yong, untuk kurun waktu lima hingga sepuluh tahun.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Golden Visa

Berdasarkan penjelasan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Golden Visa ialah bentuk baru dari visa rumah kedua atau second home visa.

Target Golden Visa adalah investor dan pebisnis internasional, talenta global, dan wisatawan mancanegara yang memenuhi kriteria.

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun dengan persyaratan jumlah investasi tertentu.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Sejujurnya, saya tidak tahu kalau ada Golden Visa. Ya, dengan begitu jadi tahu. Saya pertama kali dikontak mendapatkan Golden Visa, sedikit bingung," ujar Shin Tae-yong.

"Tetapi dengan tahu seperti itu dan diserahkan oleh Presiden langsung, jadi sangat senang dan berarti buat saya," jelas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Kembali Lebih Cepat

Keberadaan Shin Tae-yong dalam Grand Launching Golden Visa sebenarnya mengagetkan. Sebab, arsitek berusia 53 tahun itu semula baru akan kembali ke Indonesia pada 12 Agustus 2024.

Sebelumnya, Shin Tae-yong pulang kampung ke Korea Selatan sejak 14 Juni 2024. Dia menjalani operasi pleuritis atau radang selaput dada. Penyakit itu membuatnya kehilangan 5kg berat badan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer