Sukses


Mengenal Sosok Muhammad Kafiatur Rizky, Raja Assist Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surabaya - Sosok Kafiatur Rizky kini sedang menjadi perbincangan pencinta sepak bola nasional. Dia adalah motor serangan andalan yang membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024.

Menariknya, Kafiatur rupanya sempat mengalami cedera engkel sebelum turnamen ini. Namun, kualitasnya tetap diperlukan dan masuk skuad karena diprediksi bisa tampil sebelum Piala AFF U-19 2024 berakhir.

Gelandang bernomor punggung 10 itu terpaksa absen saat Timnas Indonesia U-19 menang 6-0 atas Filipina U-19 di matchday pertama Grup A (17/7/2024).

Berikutnya, Timnas Indonesia U-19 menghadapi Kamboja U-19 di matchday kedua (20/7/2024). Tanpa Kafiatur, Garuda Muda rupanya kesulitan menembus pertahanan tim lawan.

Secara permainan, Kamboja mampu tampil menyulitkan Timnas Indonesia U-19 di babak pertama. Mereka memainkan formasi 5-4-1 dengan lima bek yang memang disiapkan untuk membendung serangan pemain tuan rumah.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pembeda

Kamboja berhasil bermain disiplin menjaga pertahanan. Skema itu memungkinkan mereka melakukan serangan balik cepat yang beberapa kali sukses mengejutkan.

Timnas Indonesia U-19 memang kerepotan dengan strategi parkir bus Kamboja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari umpan pendek, crossing, cutback, sampai percobaan masuk ke penalti, tapi tak berhasil.

Taktik yang coba diterapkan Kamboja U-19 memang berhasil, tapi hanya sampai menit ke-70. Setelah itu, pertahanan mereka mulai bisa dibobol bahkan dua kali terjadi dan Kafiatur jadi momok buat Kamboja.

Ini berkat keputusan memasukkan Kafiatur Rizky di babak kedua menggantikan Toni Firmansyah. Kafiatur Rizky kembali dari cedera dan langsung memberi kontribusi lewat dua assist dalam laga ini.

Gol pertama Garuda Muda tercipta lewat sundulan Kadek Arel (71') dengan memanfaatkan sepak pojok dari Kafiatur Rizky. Hal yang sama terjadi pada gol kedua, bedanya, bola diselesaikan oleh Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

Nah, dua gol itu lahir dari kaki kiri Kafiatur Rizky yang melepaskan dua tendangan pojok bermakna besar itu. Menariknya, Kafiatur baru dimainkan di awal babak kedua menggantikan Toni Firmansyah dalam laga ini.

Skor 2-0 atas Kamboja memang bukan gol dari Kafiatur, tapi assistnya tentu saja berperan penting buat skuad arahan Indra Sjafri tersebut.

3 dari 4 halaman

Assist Berkelas

Terakhir, Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timor Leste U-19 dalam matchday ketiga Grup A. Kafiatur dimainkan sejak menit pertama, dan kini hasilnya mereka berpesta gol.

Skor 6-2 menghiasi kemenangan Timnas Indonesia U-19. Bagaimana kontribusi Kafiatur? Dia sukses membukukan satu assist, tapi juga mencetak gol keenam lewat sepakan jarak jauh spektakuler dari luar kotak penalti.

Itu pun sebenarnya Kafiatur berkontribusi dari untuk gol pertama Jens Raven. Bermula dari sepak pojok, Kafiatur melepas tendangan yang disambut Kadek Arel dengan sundulan, namun bola mengenai Raven sebelum jadi gol.

Assist Kafiatur juga berkelas dari lini tengah ke dalam kotak penalti yang mengarah ke Raven. Pada akhirnya, Raven meneruskan dengan kakinya yang menjadi gol kedua ke gawang Timor Leste.

4 dari 4 halaman

1 Gol dan 3 Assist

Total, Kafiatur telah membukukan satu gol dan tiga assist hanya dalam dua pertandingan. Aksi-aksinya dalam mengirim bola ke lini depan benar-benar menunjukkan bahwa dia merupakan otak serangan Timnas Indonesia U-19.

Di level klub sendiri, Kafiatur tercatat sebagai pemain Dewa United dengan status pinjaman dari Borneo FC di Liga 1 2023/2024. Dengan performanya di Piala AFF U-19 2024, dia tampaknya akan jadi pemain bintang baru di Liga 1.

Kini, Kafiatur dan Timnas Indonesia U-19 sedang bersiap melakoni laga semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer