Sukses


Pembagian Grup Liga 2 2024 / 2025: PSIM Tak Ciut Hadapi Siapapun pada Penyisihan

Bola.com, Yogyakarta - PT LIB selaku operator liga menggelar manager meeting bersama seluruh kontestan Liga 2, Kamis (25/7/2024) sore WIB. Rapat itu menghasilkan sejumlah keputusan, termasuk pembagian grup kompetisi kasta kedua Liga Indonesia tersebut.

Liga 2 2024/2025 tetap memakai format seperti musim lalu. Dari 26 tim dibagi dalam tiga grup. Grup 1 dan 2 berisi sembilan tim, sedangkan Grup 3 ada delapan tim.

Wakil Liga 2 dari Yogyakarta, PSIM Jogja tergabung dalam Grup 2 bersama Persikas Subang, Persekat Tegal, Persijap Jepara, Persiku Kudus, Persipa Pati, Bhayangkara FC, Nusantara FC, dan Adyaksa Farmel.

Adapun Grup 1 dihuni PSMS Medan, Persiraja Banda Aceh, PSPS Riau, Persikota Tangerang, PSKC Cimahi, Sriwijaya FC, FC Bekasi City, Dejan FC, dan Persikabo 1973.

Kemudian Grup 3 Liga 2 musim depan ditempati Persipura Jayapura, Persewar Waropen, RANS Nusantara, Deltras FC, Persipal Palu, Gresik United, Persela Lamongan, dan Persibo Bojonegoro.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanggapan PSIM

Pada agenda Club Owners Meeting Liga 2, PSIM Yogyakarta diwakili manajer tim, Razzi Taruna. Pria berusia 24 tahun itu memberikan komentarnya mengenai hasil rapat tersebut.

"Saya hari ini mengikuti Club Owners Meeting Liga 2 untuk finalisasi mengenai grup, format, dan regulasi Liga 2," ujar Razzi Taruna kepada wartawan, Kamis (25/7/2024) malam.

"Dari pertemuan ini juga sudah ditentukan pembagian grup dan PSIM Jogja mendapatkan posisi di grup tengah. Grup ini sudah tidak bisa diubah lagi karena itu memang berdasarkan zonasi/wilayah," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi

Manajemen Laskar Mataram juga mengapresiasi operator kompetisi karena telah mendengarkan masukan tim kontestan. Format Liga 2 2024/2025 rencananya diganti dengan rancangan baru, yakni dibagi tiga grup dan pemuncak klasemennya langsung promosi.

"Di pertemuan ini sangat kami apresiasi karena PSSI dan PT. LIB bisa mendengarkan dan berdiskusi dengan klub peserta Liga 2. Karena dari pertemuan lalu, para pengurus klub peserta Liga 2 keberatan dengan format yang disampaikan awal dulu," kata Razzi Taruna.

Yang pasti, lanjut Razzi, Laskar Mataram siap berjuang pada penyisihan Liga 2. PSIM Yogyakarta juga tak akan memandang remeh seluruh lawan yang akan dihadapi di Grup 2.

"Siapapun lawan kami musim ini, kami siap. Karena kami juga sudah persiapan jauh-jauh hari, sudah mulai latihan, sudah pemusatan latihan. Semoga dengan semua upaya ini bisa mewujudkan cita-cita kita bersama," tandasnya.

 

4 dari 4 halaman

Format Kompetisi

Tiga tim teratas Grup 1 dan Grup 2 plus dua tim dari Grup 3 akan lolos ke-8 besar Liga 2 2024/2025. Adapun sisanya lanjut ke play-off degradasi.

Pada perempat final, para peserta dibagi dalam dua grup dengan sistem double round robin atau home-away. Dua tim teratas 8 besar, bakal otomatis melaju ke semifimal untuk memperebutkan tiga tiket promosi.

Sementara itu, pada play-off degradasi, 18 tim bakal dibagi ke dalam empat grup dan memainkan pertandingan kandang dan tandang. Dua grup berisi empat tim dan dua tim terbawah terdegradasi ke Liga 3. Dua grup lainnya dihuni lima tim, tiga peringkat terbawah turun kasta.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer