Sukses


Membandingkan Kekuatan Timnas Indonesia U-19 Vs Malaysia di Piala AFF U-19 2024: Ramai Persaingan Mesin Gol!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 akhirnya bakal menghadapi lawan yang kekuatannya relatif setara saat berjumpa Timnas Malaysia U-19 pada pertandingan semifinal Piala AFF U-19 2024.

Menurut jadwal, pertemuan antara Timnas Indonesia U-19 melawan Malaysia U-19 ini bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (27/7/2024), pukul 19.30 malam WIB.

Menghadapi juara bertahan, Garuda Nusantara harus bersikap waspada. Pasalnya, skuad muda Harimau Malaya punya kekuatan yang lebih menantang dibandingkan tiga lawan yang sudah dihadapi di fase penyisihan.

Duel antara kedua kubu ini tak hanya menyajikan rivalitas dalam laga bertajuk ‘Battle of Serumpun’, tetapi juga memiliki perbandingan kekuatan yang tak jauh berbeda. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Catatan Produktivitas

Sebagai informasi, Indonesia dan Malaysia sama-sama berstatus sebagai peserta paling produktif di fase grup Piala AFF U-19 2024. Di Grup A, Garuda Nusantara sukses menghasilkan total 14 gol.

Jumlah itu diraih saat menang atas Filipina (6-0), Kamboja (2-0), dan Timor Leste (6-2). Catatan ini memang kalah dari Malaysia yang mengukir 17 gol dari tiga pertandingan saat mengarungi persaingan Grup C.

Namun, 11 gol di antaranya bersumber dari lawan lemah, Brunei Darussalam. Sedangkan gol lainnya diukir saat menghadapi Singapura (5-0), dan Thailand (1-1). Untuk laga terakhir, Malaysia kesulitan menjebol gawang lawan saat kekuatan lawannya setara.

3 dari 4 halaman

Rekor Kebobolan

Catatan kedua kubu ini memang cukup unik karena menyajikan statistik yang tak jauh berbeda. Selama fase penyisihan, Indonesia dan Malaysia juga sama-sama berhasil mengukir dua cleansheet alias nirbobol.

Namun, gawang anak asuh Indra Sjafri lebih banyak kebobolan, yakni dua gol yang bersumber dari laga melawan Timor Leste. Sedangkan Malaysia hanya sekali saja kemasukan saat bermain imbang melawan Thailand.

Oleh karena itu, tak berlebihan jika menyebut kekuatan kedua kubu setara jika melihat catatan di atas kertas. Aspek itulah yang membuat pertemuan di edisi semifinal kali ini bakal lebih menarik dari sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Persaingan Mesin Gol

Pertemuan antara Indonesia dan Malaysia juga memunculkan persaingan di antara para pemain yang produktif mencetak gol di Piala AFF U-19 2024. Di kubu lawan, sosok yang paling patut diantisipasi ialah Gunalan Pavithran.

Sebab, striker berusia 19 tahun itu sejauh ini sudah mencetak empat gol. Dia hanya terpaut satu angka saja dari Jake Najdovski yang memuncaki daftar top scorer alias pencetak gol terbanyak. Satu pemain lainnya ialah Abid Safaraz yang sudah menyumbang tiga gol.

Di sisi lain, Indonesia punya tiga pemain andalan yang sama-sama menyumbang tiga gol. Mereka adalah Jens Raven, Kadek Arel, dan Iqbal Gwijangge. Menariknya, dua nama yang disebut terakhir berposisi sebagai bek.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer