Sukses


Seberapa Spesial Timnas Malaysia, Lawan Timnas Indonesia U-19 di Semifinal Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia U-19 benar-benar tampil mengesankan pada fase grup Piala AFF U-19 2024. Tim yang dijuluki Harimau Muda itu sudah melakoni tiga laga Grup C, dan hasilnya meraih dua menang serta satu seri.

Malaysia U-19 menang 11-0 atas Brunei Darussalam U-19 dalam matchday pertama (19/7/2024). Mereka kembali berpesta gol 5-0 atas Singapura U-19 pada matchday kedua (22/7/2024). Terakhir, Tim Harimau Muda bermain imbang 1-1 kontra Thailand (25/2025).

Total, Timnas Malaysia U-19 telah mencetak 17 gol dan membuat mereka menjadi tim dengan produktivitas gol tertinggi pada fase grup. Angka itu bahkan dua kali lipat lebih banyak dari Timnas Indonesia U-19 yang membukukan delapan gol.

“Standar yang kami tetapkan hari ini jelas terlihat dengan kami mencetak gol. Jadi semua orang bekerja keras. Jadi standarnya meningkat. Saya dapat melihat peningkatan besar pada individu. Yang jelas kami masih harus bekerja keras,” kata Juan Torres, pelatih Timnas Malaysia U-19.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Dominan

Secara permainan, Timnas Malaysia U-19 memang tampil mendominasi melawan Brunei U-19 dan Singapura U-19. Hal itu juga tidak lepas dari pertahanan lawan yang mudah ditembus sehingga melahirkan banyak gol.

Kendati demikian, ada banyak faktor yang memengaruhi pesta gol dalam dua laga pertama. Secara materi pemain, Timnas Malaysia U-19 memiliki kualitas yang merata.

Total 17 gol itu dicetak oleh 11 pemain yang berbeda. Satu pemain telah mencetak empat gol, yakni Gunalan Pavithran. Satu lagi menyumbang tiga gol, yakni Abid Safaraz. Lalu, ada satu pemain yang mencetak dua gol, yakni Izzat Syahir.

 

3 dari 4 halaman

Berani Melakukan Rotasi

Adapun delapan lainnya masing-masing hasil kontribusi pemain yang berbeda. Mereka adalah Amir Farhan, Danish Hakimi, Faris Danish Asrul, Haykal Danish, Naim Zainuddin, Ridzwan Rosli, Shafizan Arshad, dan Zamirul Hakim.

Pelatih Juan Torres juga berani untuk melakukan rotasi dalam tiga pertandingan itu. Saat dalam kondisi sudah unggul, dia memasukkan nama-nama yang perlu mendapat lebih banyak menit bermain.

 

4 dari 4 halaman

Lebih Kreatif

Alhasil, kekuatan Timnas Malaysia U-19 semakin merata untuk membuat mental mereka lebih percaya diri. Hal itu kemudian berdampak pada permainan mereka yang lebih kreatif untuk mencari celah pertahanan lawan.

Apa yang dilakukan Malaysia U-19 tentu wajib menjadi catatan bagi Timnas Indonesia U-19. Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Malaysia U-19 dalam semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer