Sukses


Jadi Tim Paling Gacor Cetak Gol di Piala AFF U-19 2024, Pelatih Malaysia Cuek

Bola.com, Surabaya - Timnas Malaysia U-19 benar-benar tampil mengesankan di fase grup Piala AFF U-19 2024. Mereka sudah melakoni tiga laga Grup C, dan hasilnya meraih dua menang serta satu seri.

Harimau Muda unggul 11-0 atas Brunei U-19 dalam matchday pertama (19/7/2024). Mereka kembali berpesta gol 5-0 melawan Singapura U-19 pada matchday kedua (22/7/2024). Terakhir, Malaysia U-19 bermain imbang 1-1 kontra Thailand (25/2025).

Total, Malaysia U-19 telah mencetak 17 gol dan membuat mereka menjadi tim dengan produktivitas gol tertinggi di fase grup. Namun, pelatih Juan Torres melihat timnya mencetak gol terbanyak selama fase grup.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini adalah tempat baru untuk kami. Kami berharap bisa beradaptasi di tempat tersebut. Karena latihan kami sangat pendek,” ucap Torres, Jumat (26/7/2024.

Secara permainan, Malaysia U-19 memang tampil mendominasi melawan Brunei U-19 dan Singapura U-19. Hal itu juga tidak lepas dari pertahanan yang mudah ditembus sehingga melahirkan banyak gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Banyak Faktor

Kendati demikian, ada banyak faktor yang mempengaruhi pesta gol dalam dua laga pertama. Secara materi pemain, Malaysia U-19 memiliki kualitas yang merata.

Total 17 gol itu dicetak oleh 11 pemain yang berbeda. Satu pemain telah mencetak empat gol, yakni Gunalan Pavithran. Satu lagi menyumbang tiga gol, yakni Abid Safaraz. Lalu, ada satu pemain yang mencetak dua gol, yakni Izzat Syahir.

Sedangkan delapan lainnya masing-masing hasil kontribusi pemain yang berbeda. Mereka adalah Amir Farhan, Danish Hakimi, Faris Danish Asrul, Haykal Danish, Naim Zainuddin, Ridzwan Rosli, Shafizan Arshad, dan Zamirul Hakim.

   

3 dari 4 halaman

Rotasi

Pelatih Juan Torres juga berani untuk melakukan rotasi dalam tiga pertandingan itu. Saat dalam kondisi sudah unggul, dia memasukkan nama-nama yang perlu mendapat lebih banyak menit bermain.

Alhasil, kekuatan Malaysia U-19 semakin merata untuk membuat mental mereka lebih percaya diri. Hal itu kemudian berdampak pada permainan mereka yang lebih kreatif untuk mencari celah pertahanan lawan. 

Kini, Malaysia U-19 akan bersua tim yang jauh lebih kuat daripada lawan-lawan mereka di Grup C. Harimau Muda dijadwalkan bersua dengan Timnas Indonesia U-19 dalam semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam.

“Kami mulai dengan baik. Ini memungkinkan kita untuk memiliki kepercayaan. Saya pikir performa kami akan meningkat setiap hari. Kami akan memiliki lawan yang lebih kuat dan ini membuat kita lebih siap untuk berada di semifinal,” ujar Torres.

4 dari 4 halaman

Indonesia Juga Impresif

Garuda Muda lolos ke semifinal dengan raihan impresif, yakni 9 poin hasil selalu menang dalam tiga laga Grup A.

Mereka unggul dengan skor 6-0 atas Filipina, 2-0 kontra Kamboja, dan terakhir 6-2 melawan Timor Leste. Total, Timnas Indonesia U-19 mampu membukukan 14 gol dan kebobolan dua gol saja selama fase grup.

 

Video Populer

Foto Populer