Sukses


Semifinal Piala AFF U-19, Kata Pengamat: Timnas Indonesia U-19 di Atas Angin, Malaysia Nyaris Tanpa Beban

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 akan ditantang Timnas Malaysia U-19 pada semifinal Piala AFF U-19 2024 yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (27/7/2024).

Pertandingan ini menarik minat Raja Isa untuk memaparkan analisanya. Pengamat asal Malaysia ini menyatakan dari segala sisi pasukan Indra Sjafri sedang di atas dibandingkan tim asuhan Juan Torres Garrido.

"Pertama soal recovery. Faktor ini sangat berpengaruh terhadap performa pemain. Indonesia punya waktu istirahat tiga hari, sedangkan Malaysia hanya sehari. Saya kira pemain Indonesia akan lebih bugar daripada Malaysia," katanya.

Pria yang cukup lama melatih klub-klub di Indonesia ini juga menyebut faktor pelatih punya andil besar bagi kesuksesan tim asuhannya.

"Soal pengalaman melatih level Timnas usia muda, semua tahu kapasitas Indra Sjafri. Sementara Juan Torres baru pertama menangani Malaysia di turnamen resmi kelompok umur. Jadi dari sisi pelatih, Indonesia lebih bagus," ujarnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Materi Pemain

Raja Isa juga menyoroti materi pemain dan persiapan masing-masing tim sebelum terjun di Piala AFF U-19 ini.

"Indra Sjafri beruntung karena punya pemain bagus yang diambil dari klub-klub Liga 1 dan naturalisasi. Sementara Juan Torres hanya mengandalkan pemain dari dua akademi sepakbola di Malaysia. Sehingga jam terbang dan pengalaman bertanding mereka juga berbeda," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Awas Kejutan!

Meski Indonesia punya banyak keuntungan, termasuk dukungan penonton di stadion, Raja Isa menyebut Malaysia bisa bikin kejutan di laga nanti.

"Keuntungan dimiliki Indonesia. Tapi peluang fifty-fifty. Malaysia bisa saja tampil bagus, karena mereka tak punya beban. Target mereka lolos semifinal. Jika bisa mengalahkan Indonesia, maka itu jadi bonus bagi Malaysia," ucapnya.

Raja Isa pun memprediksi pertarungan akan berjalan alot. "Saya kira kemungkinan hasil pertandingan akan ditentukan lewat adu tendangan penalti," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Sama-sama Juara Grup

Sebelumnya, skuad asuhan Indra Sjafri menyegel tiket ke semifinal setelah menyegel posisi puncak Grup A dengan koleksi sembilan poin. Garuda Nusantara sukses menang atas Filipina (6-0), Kamboja (2-0), dan Timor Leste (6-2).

Sementara itu, skuad Muda Harimau Malaya juga mengunci punca Grup C dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga. Mereka menang atas Brunei Darussalam (11-0), Singapura (5-0), dan diimbangi Thailand (1-1).

 

Video Populer

Foto Populer