Sukses


Timnas Indonesia U-19 ke Final Piala AFF, Indra Sjafri: Malaysia Memang Berat, tapi Kami Bisa Tuntaskan

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, lega akhirnya timnya mengalahkan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam WIB.

Kemenangan Indonesia didapat dengan susah. Sepanjang 90 menit, Jens Raven dkk. kesulitan menembus lini pertahanan Malaysia.

Gol Indonesia datang pada menit ke-78 setelah tendangan Alfharezzi Buffon membuat kiper Malaysia, Muhammad Haziq Aiman, melakukan blunder.

Ini merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia U-19 atas Malaysia.

"Seperti kita ketahui, Malaysia tim bagus, tapi kami bisa tuntaskan. Saya berterima kasih kepada anak-anak yang telah berjuang keras sepanjang pertandingan," kata Indra.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kutukan Putus

Sejak Piala AFF U-19 pertama kali digelar pada edisi 2002, Indonesia dan Malaysia setidaknya sudah berjumpa sebanyak enam kali. Dari semua perjumpaan tersebut, Garuda Nusantara terhitung inferior.

Sebelum kemenangan ini, Timnas Indonesia U-19 belum pernah berhasil mengalahkan Malaysia. Skuad Harimau Malaya menang tiga kali. Tiga laga lainnya berujung tanpa pemenang alias imbang.

Catatan ini memang terhitung memprihatinkan. Apalagi, Malaysia memiliki koleksi gelar juara lebih banyak. Mereka sukses meraih trofi pada 2018 dan 2022 yang ironisnya semua terjadi saat Indonesia jadi tuan rumah. Sedangkan Indonesia hanya sekali saja juara pada 2013.

3 dari 4 halaman

Bertemu Raja Terakhir

Garuda Nusantara bakal meladeni perlawanan tim berjulukan Gajah Perang itu di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (27/7/2024) malam WIB.

Thailand U-19 melaju ke final Piala AFF U-19 2024 karena mengalahkan Timnas Australia U-19 1-0, meski bermain dengan sepuluh pemain pada babak kedua.

Sementara, Malaysia U-19 akan memperebutkan tempat ketiga Piala AFF U-19 2024 dengan Timnas Australia U-19 di stadion dan pada hari yang sama, namun sore WIB.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (3-5-2): Ikram Algiffari; Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Iqbal Gwijangge; Mufli Hidayat, Kafiatur Rizky, Figo Dennis, Welber Jardim, Dony Tri; Jens Raven, Arkhan Kaka

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Malaysia U-19 (4-4-2): Muhammad Haziq Aiman; Muhamad Ridzwan, Muhammad Shafizan, Muhammad Zachary, Ariff Safwan; Danish Hakimi, Muhammad Bin Abu Khalil, Izzat Muhammad Syahrir, Mohammad Haykal Danis; Pavithran Gunalan, Muhammad Naim

Pelatih: Juan Torres Garrido

Video Populer

Foto Populer