Sukses


Kutukan Berakhir! Untuk Pertama Kalinya dalam 22 Tahun, Timnas Indonesia U-19 Akhirnya Menang atas Malaysia di Piala AFF U-19

Bola.com, Surabaya - Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Timnas Malaysia U-19. Tim berjulukan Garuda Nusantara itu mengakhiri kutukan selama 22 tahun.

Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Malaysia U-19 1-0 dalam semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu (27/7/2024) malam WIB.

Setelah membuang banyak peluang, Timnas Indonesia U-19 pecah telur juga lewat gol bunuh diri kiper Malaysia U-19, Muhammad Haziq Aiman, pada menit ke-78.

Berawal dari tendangan Alfharezzi Buffon yang mengenai tiang lawan, bola memantul ke tubuh Muhammad Haziq Aiman yang berujung masuk ke gawang Malaysia U-19.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

7 Pertemuan, 3 Kali Kalah

"Seperti kita ketahui, Malaysia U-19 tim bagus, tapi kami bisa tuntaskan. Saya berterima kasih kepada anak-anak yang telah berjuang keras sepanjang pertandingan," ujar pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Sebelum saling berhadapan pada edisi 2024, Timnas Indonesia U-19 dan Malaysia U-16 telah enam kali bentrok di Piala AFF sejak 2002.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 menelan tiga kekalahan dan tiga pertandingan lainnya berakhir seri. Malaysia U-19 masih terlalu superior untuk Garuda Nusantara.

3 dari 3 halaman

Bersyukur

Sementara itu, Alfharezzi Buffon merasa bersyukur dapat membantu Timnas Indonesia U-19 menang atas Malaysia. Dia juga sudah tidak sabar melawan Timnas Thailand U-19 dalam final Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (29/7/2024).

"Alhamdulillah, gol saya tidak penting. Saya juga MVP bukan karena saya sendiri, saya dibantu teman-teman, pelatih, dan semuanya," ucap Alfharezzi Buffon.

"Pokoknya kemenangan ini untuk tim ini target kami. Persiapan kami sudah siap untuk melawan Thailand itu target kami di final," jelas bek asal Borneo FC Samarinda ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer