Sukses


BRI Liga 1 Semakin Dekat, Eks Kapten Timnas Indonesia Sebut Intensitas Latihan PSS Terus Meningkat

Bola.com, Sleman - Kick-off BRI Liga 1 2024/2025 semakin dekat. Kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia itu bakal dimulai 9 Agustus mendatang.

Artinya kurang dari dua pekan saja para klub kontestan mengarungi persaingan BRI Liga 1. PSS Sleman jadi satu di antara tim yang terus mematangkan persiapan jelang bergulirnya musim baru.

Selain meningkatkan kualitas fisik, skuad berjulukan Super Elang Jawa itu juga menjalani program latihan taktikal. Tim pelatih secara bertahap mulai meningkatkan intensitas latihan. Hal ini diungkapkan bek senior PSS Sleman, Fachruddin Aryanto.

“Persiapan yang luar biasa sudah dilakukan oleh seluruh pemain. Mulai dari persiapan fisik, masuk di minggu ketiga sudah mulai taktikal dan ada uji tanding,” ungkapnya.

“Pekan yang berat bagi semua pemain PSS Sleman karena ada latihan peningkatan fisik. Setelah ini kami juga ada latihan antisipasi bola mati baik ketika bertahan dan menyerang,” sambung eks kapten Timnas Indonesia tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bicara Soal Skuad PSS

Tim Elang Jawa banyak melakukan perombakan pada komposisi pemain musim mendatang. Selain amunisi lokal, PSS Sleman juga melengkapi slot delapan pemain asing sesuai kebijakan regulasi yang diterapkan PT LIB alias operator kompetisi.

Soal itu, Fachruddin memberikan pandangan. Menurutnya, membangun chemistry dalam sebuah tim yang dihuni sederet pemain asing dibutuhkan pendekatan tersendiri. Baik di dalam maupun luar lapangan.

“Saya hadir di tim PSS Sleman kembali lagi menjadi orang baru. Untuk mempercepat proses adaptasi, saya melakukan pendekatan terhadap para pemain baik di dalam maupun luar lapangan,” katanya.

"Pendekatan tersebut saya lakukan tentu sebagai sebuah bentuk usaha saya untuk saling mengenal satu sama lain. Selain itu juga untuk membuat kesolidan tim PSS terjalin kuat baik secara teknis maupun emosional," lanjut bek berusia 35 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

Jadi Keuntungan

Tahun ini menjadi periode kedua Fachruddin Aryanto berseragam Laskar Sembada. Bek kelahiran Klaten, Jawa Tengah itu tercatat pernah membela PSS Sleman pada medio 2008-2012.

Tim terakhir yang diperkuatnya adalah Madura United. Pada musim lalu, Fachruddin setim dengan rekrutan anyar PSS lainnya yakni bek asal Brasil, Cleberson Souza. Kembali berduet dengan Cleberson jadi keuntungan tersendiri dalam hal adaptasi di Tim Elang Jawa.

"Saya dan Cleberson sudah dua tahun bermain bersama kemudian lanjut ke PSS Sleman. Ini menjadi keuntungan bagi kami untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan baru,” ucapnya.

"Jadi kami berdua adaptasi lagi dengan apa yang diminta dari pelatih sekarang mengenai taktikal yang sedikit berbeda dengan pelatih sebelumnya. Kami berdua harus cepat beradaptasi dengan pelatih baru dan terutama bek kanan dan kiri,” imbuh bek berpostur 184 cm itu.

 

4 dari 5 halaman

Ada Peningkatan

Secara keseluruhan, Fachruddin Aryanto menyebut persiapan Tim Elang Jawa berjalan lancar, tanpa kendala. Dia yakin skuad PSS Sleman akan makin siap jelang sepak mula Liga 1 mendatang.

PSS Sleman berjumpa Persebaya Surabaya pada laga perdana BRI Liga 1 2024/2025. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu 11 Agustus 2024.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan dengan baik mulai dari kekompakan saat bertahan dan ketika menyerang. Walau harus diakui hal tersebut belum begitu bagus, tapi secara perlahan sudah ada kemajuan,” ujarnya.

“Coach Wagner Lopes selalu mengingatkan kepada semua pemain baik saat maupun sesudah latihan. Kami harus terus memperbaiki organisasi permainan tim untuk mempercepat chemistry tim,” pungkas Fachruddin.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Reguler:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer